Memperluas Target Pasar UMKM Nusantara Lewat Festival Bisnis Batu 2023 

- 24 Juni 2023, 07:45 WIB
Festival Bisnis Batu 2023 resmi dibuka Kamis 22 Juni 2023 
Festival Bisnis Batu 2023 resmi dibuka Kamis 22 Juni 2023  /Instagram @pemkotbatu_official/

 
 
GALAMEDIANEWS - Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dr. Yulius MA, resmi membuka gelaran Festival Bisnis Batu 2023 pada Kamis 22 Juni 2023 di halaman Balaikota Among Tani Kota Batu. Ratusan produk UMKM dan ekonomi kreatif Nusantara turut meramaikan festival yang dihelat mulai 22–25 Juni 2023. 
 
Galamedianews melansir web batukota.go.id, Dinas Pariwisata Kota Batu yang menginisiasi Festival ini, memiliki tujuan untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Batu. Disamping itu, Festival Bisnis Batu 2023 diselenggarakan guna memperkuat kerja sama dan kemitraan antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi, serta Institusi di seluruh Indonesia.
 
Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief as-Sidiq, mengatakan bahwa festival ini menjadi ajang berkumpulnya para pelaku pariwisata, ekonomi kreatif, UMKM, dan sektor perbankan dari berbagai daerah untuk bisa saling bekerjasama.
 
“Dengan mengadakan acara ini, kami berharap dapat meningkatkan kunjungan pariwisata dan mempererat kerja sama antara berbagai pihak,” kata Arief.
 
 
Festival yang diselenggarakan secara online dan offline ini, memamerkan produk unggulan dari UMKM, BUMDes serta berbagai hidangan kuliner khas Kota Batu. 
 
Pj. Wali Kota Batu yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Effisiensi, menjelaskan bahwa acara tahunan ini memiliki peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi, sektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan UMKM. Zadim menambahkan, Festival Bisnis Batu 2023 dapat mendorong terjadinya kerjasama sinergis yang berkelanjutan untuk memperkenalkan produk Kota Batu.
 
“UMKM dan industri perlu terus didorong agar bisa bersinergi, sehingga produk-produk Kota Batu dapat lebih dikenal secara luas,” ungkap Zadim.
 
Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dr. Yulius MA, mengapresiasi atas digelarnya festival ini. Ia menekankan hubungan yang tak terpisahkan antara pariwisata dan UMKM harus terus berjalan beriringan.
 
 
“Acara ini sangat luar biasa. Bagaimana lewat kegiatan ini, bisa menyatukan berbagai market (UMKM) dan meningkatkan peluang masa depan. Kita harus mendorong UMKM dan pariwisata untuk berjalan secara sinergis,” ujar Yulius.
 
Festival Bisnis Batu 2023 ini tidak hanya mempromosikan bisnis lokal, tetapi juga menghubungkan pasar bagi produk-produk dalam negeri sehingga dapat membuka jalan menuju masa depan ekonomi yang lebih cerah. Pada festival ini juga menghadirkan beragam kesenian dan kebudayaan Kota Batu, serta berbagai forum investasi, bisnis, dan wisata nusantara.
 
Harapannya, festival ini dapat mempromosikan produk UMKM dari berbagai daerah di Indonesia untuk merambah target pasar yang lebih luas.***
 
 
 

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x