Kurangi Sampah Plastik Idul Adha, Salman ITB Buka Posko Sedekah Wadah Kurban

- 24 Juni 2023, 11:05 WIB
Bersedekah berkah dengan wadah kurban./Instagram @pulauplastik
Bersedekah berkah dengan wadah kurban./Instagram @pulauplastik /

GALAMEDIANEWS - Sampah plastik dipastikan menggunung setelah hari raya Idul Adha, 29 Juni 2023 mendatang. Yayasan Pembina Masjid Salman ITB dan Salman Environment Rangers (Savior ITB) bersama GRADASI (Gerakan Sedekah Sampah Indonesia) membuka posko untuk berdonasi wadah kurban.

Tim Koordinasi Nasional Pengamanan Sampah Laut (TKN PSL) menuliskan pada unggahan di sosial medianya @tkn_psl, bahwa pada tahun 2022, jumlah hewan kurban diperkirakan mencapai 1,8 juta ekor.

Baca Juga: Provinsi NTT Jadi Percontohan Pengentasan Stunting di Indonesia

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Tasikmalaya yang Cocok untuk Menikmati di Libur Akhir Pekan 

Wadah plastik sekali pakai yang digunakan untuk membungkus daging kurban yang dibagikan kepada warga jumlahnya diperkirakan mencapai 124 juta kantong.

Kementan RI mencatat tahun 2023 permintaan hewan kurban meningkat 2% dari tahun 2022. Hal ini akan berpengaruh juga pada meningkatnya sampah plastik sekali pakai yang dihasilkan.

Dengan kapasitas tampung TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang terbatas, sampah-sampah plastik ini dikhawatirkan akan bermuara di laut, dan mengotori biota laut.

Kekhawatiran ini pula yang membuat YPMS ITB dan Savior ITB membuka posko penampungan donasi wadah kurban, dari masyarakat untuk digunakan pada pembagian daging kurban pekan depan.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Tasikmalaya yang Cocok untuk Menikmati di Libur Akhir Pekan 

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: instagram @salmanitb


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x