Hari Anti Narkotika Internasional 26 Juni 2023: Sejarah dan Tema Memperingatinya

- 26 Juni 2023, 07:40 WIB
Anti Narkotika Internasional 2023
Anti Narkotika Internasional 2023 /ntb.bnn.go.id/

GALAMEDIANEWS - Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah cara kerja tubuh dan pikiran, penggunaan narkoba berbahaya, sala satunya dapat berdampak serius pada otak.

Hal ini dapat menyakiti orang-orang disekitar dan penggunaan narkoba juga dapat menyebabkan kecanduan.

Kecanduan narkoba adalah penyakit otak kronis. Hal ini dapat menyebabkan seseorang menggunakan narkoba berulang kali, meskipun tahu akan bahaya yang ditimbulkannya. Penggunaan narkoba berulang kali dapat mengubah otak dan menyebabkan kecanduan.

Baca Juga: Hari Daur Ulang Sedunia 24 Juni: Ketahui Sejarah dan Peristiwa Pentingnya!

Sejarah Hari Anti Narkotika Internasional

Hari Anti Narkotika Internasional adalah pengamatan PBB yang berlangusng secara internasional yang telah diamati setiap tahun sejak 1989. Pada tanggal 26 Juni diperingati sebagai hari pembongkaran perdagangan opium oleh Lin Zexu di Humen di Guangdong.

Tepatnya peristiwa ini terjadi pada tanggal 25 Juni 1839, hanya beberapa hari sebelum Perang Candu pertama di Tiongkok. Kemudian PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) menetapkan pada 7 Desember 1987 sebagai Hari Anti Narkotika Internasional.

Pada tanggal 26 Juni 1987, pada Konferensi Internasional tentang Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap di Wina, direkomendasikan bahwa hari tahunan terus diperingati untuk memperingati perang melawan penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkoba.

Meskipun pembatasan ketat terhadap perdagangan gelap dan kampanye aktif melawan penyalahgunaan narkoba, keduanya terus berkembang.

Laporan Narkoba Dunia tahun 2007 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa pendapatan dari perdagangan narkoba mencapai $300 miliar.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: nationaltoday.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x