Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Arafah di Tanggal 9 Dzulhijjah, Diantaranya akan Diampuni Dosa yang Ini

- 26 Juni 2023, 09:07 WIB
Salah satu pahala Puasa Arafah adalah akan diampuni dosa ini 
Salah satu pahala Puasa Arafah adalah akan diampuni dosa ini  /Freepik/

 GALAMEDIANEWS- Bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan dan pada beberapa hari pertama pada bulan ini. Salah satunya pada tanggal ke 9 Dzulhijjah yang tentu memiliki banyak keutamaan.

Apalagi jika dibarengi dengan berpuasa. Puasa pada hari ke 9 bulan Dzulhijjah disebut Puasa Arafah. Puasa ini merupakan salah satu puasa yang hukumnya sunnah dan memiliki banyak keutamaan.

Puasa Arafah adalah puasa sunnah dimana pada waktu tersebut sangat bertepatan dengan pelaksanaan ibadah wukuf oleh para jamaah haji yang sedang berada di padang Arafah.

Bagi umat muslim yang tidak sedang menjalankan ibadah haji di tanah Mekkah, maka diberikan kesempatan untuk mendapatkan keutamaan dan keistimewaan serta pahala dengan mengerjakan puasa Arafah yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah sehari sebelum pelaksanaan hari raya Idul Adha.

puasaBaca Juga: Menggali Keberkahan Puasa Dzulhijjah: 3 Keutamaan Serta Lafal Niatnya yang Memperkuat Koneksi dengan Allah

Lantas apa saja keutamaan dan keistimewaan puasa Arafah tersebut?

Dilansir dari kemenag.go.id oleh Galamedianews pada Senin, 26 Juni 2023 inilah beberapa keutamaan dan keistimewaan puasa Arafah.

Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Arafah

Imam Ibnu Al Muflih dalam kitabnya yaitu Kita Al Furu’ menjelaskan bahwa:

“Dinajurkan puasa sepuluh hari bulan Dzulhijjah. Dan yang paling dianjurkan adalah tanggal 9 Dzulhijjah. Yaitu hari Arafah. Menurut kesepakatan (ijma) ulama”.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah