Indonesia Hasilkan Kopi Premium Dunia

- 26 Juni 2023, 21:07 WIB
Tanah tropis Indonesia hasilkan kopi premium kelas dunia.
Tanah tropis Indonesia hasilkan kopi premium kelas dunia. /pixabay/ceguito/

GALAMEDIANEWS – Kopi Premium kelas dunia dihasilkan dari tanah perkebunan di Indonesia. Kancah perkopian internasional sudah lama mengenal Indonesia sebagai produsen kopi terbesar dengan jenis kopi yang banyak diminati oleh masyarakat global.

Julukan Indonesia sebagai produsen kopi dunia sudah sangat melekat sejak zaman kolonial Belanda. Pada akhir tahun 1600 kopi pertama kali ditanam dan mulai berkembang di wilayah Nusantara. Kemudian, Kopi Nusantara ini berhasil di ekspor ke berbagai negara pada awal tahun 1700.

Kopi dengan jenis arabika dan robusta dari tanah jawa, sangat digemari dan menjadi kopi premium yang populer bagi para penikmat kopi. Itulah sebabnya Java Coffee sangat dikenal di dunia mancanegara, hingga hari ini.

Kesuksesan produksi dan kualitas kopi yang dihasilkan pulau Jawa inilah yang secara tidak langsung mengenalkan keberadaan pulau Jawa (Java) Indonesia, dimata dunia.

Baca Juga: Fornas VII 2023 Diikuti 22.700 Orang, Bupati Bandung Dadang Supriatna Pastikan Venue Siap 100 Persen!

Melansir dari situs resmi Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Komoditas dan Kekayaan Intelektual, Kementerian Luar Negeri (PPKKI kemlu), Indonesia termasuk dalam 5 besar negara penghasil kopi di dunia dengan jenis kopi yang beragam.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik 2023 yang dilampirkan PPKKI kemlu, ekspor kopi Indonesia terus meningkat tiap tahunnya. Pada tahun 2022, Indonesia telah mengekspor 434,19ribu ton kopi ke seluruh dunia. Angka ini naik 12,92% dari tahun sebelumnya, yaitu 384,51ribu ton.

6 jenis kopi lokal yang berhasil menjadikan Indonesia terkenal menjadi produsen kopi terbesar di dunia adalah; kopi robusta Lampung, kopi Mandailing Sumatera Utara, kopi arabika Kintamani Bali, kopi Gayo Aceh, kopi Luwak dan kopi arabika Toraja.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Kemlu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah