GEMPA BANTUL YOGYAKARTA Terjadi Sebanyak 5 Kali, Kerusakan Terjadi di Sejumlah Daerah

- 30 Juni 2023, 22:17 WIB
Kerusakan rumah di Gunungkidul dampak gempa bumi.
Kerusakan rumah di Gunungkidul dampak gempa bumi. /Foto : screenshot video amatir

 

GALAMEDINEWS - Wilayah Bantul, Yogyakarta diguncang dua kali gempa bumi pada Jumat, 30 Juni 2023. Kondisi tersebut menyebabkan sejumlah bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami kerusakan.

Kondisi seperti itu setidaknya diungkapkan Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Lilik Andi Aryanto dalam keterangannya, Jumat 30 Juni 2023.

Berdasarkan laporan BPBD DIY hingga pukul 20.50 WIB, kerusakan terjadi di sejumlah kabupaten. Disebutkan, gempa magnitudo 6.4 merusakan sejumlah bangunan di Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo.

"Ada 19 titik. Dampaknya antara lain Rumah Rusak (15 Unit), Fasilitas Pemerintah (1 titik), Fasilitas Kesehatan (1 titik) dan fasilitas Pendidikan (2 titik)," ujar dia dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Pembelian Tiket MRT Jakarta Melalui GoPay dan OVO Sudah Tidak Berlaku Per 1 Juli 2023

Ia mengatakan, usai terjadi gempa pertama dengan kekuatan 6.4 terjadi empat gempa bumi susulan hingga pada pukul 20.40 WIB.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa ," jelasnya.

Baca Juga: Menteri Keuangan Jepang Mengingatkan Bahaya Pelemahan Yen yang Berlebihan

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x