Upaya Tangani Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Jateng Sediakan Air Bersih bagi Warga

- 5 Juli 2023, 15:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek penyediaan air bersih di Desa Gendowang Pemalang, Selasa 4 Juli 2023./jatengprov.go.id
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek penyediaan air bersih di Desa Gendowang Pemalang, Selasa 4 Juli 2023./jatengprov.go.id /

GALAMEDIANEWS - Berkunjung ke Desa Gendowang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Selasa 4 Juli 2023, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Pemprov Jateng salurkan bantuan berupa sistem distribusi air bersih dalam upaya penanganan kemiskinan ekstrem di desa tersebut.

“Kami mau kejar kebutuhan air bersih di setiap desa. Kalau di desa kadesnya bisa aktif seperti beliau, bisa menemukan ini lho warga saya yang kurang air bersih, ini lho ada sumber air bersih. Maka kemudian, bagaimana cara kami membuat sumber air bisa diutilisasi, sehingga bisa didistribusikan,” ujar Ganjar Pranowo.

Ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Tak jarang warga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mendapatkan akses air bersih. Keadaan tersebut cukup membebani warga yang masih berada dalam kategori miskin.

Baca Juga: Kolaborasi Apik BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pos Lindungi 42 Ribu Pekerja Informal

Untuk membantu warga miskin dapat memenuhi kebutuhan air yang layak konsumsi, Pemprov Jateng membantu menyediakan saluran distribusi air bersih, seperti yang telah dilakukan di Desa Gendowang ini.

“Selama ini 'ngangsu', kalau kemarau beli. Kalau pemerintah memberikan air bersih maka pengeluaran untuk air terkurangi. Dua, kalau air bersihnya betul-betul bisa mencukupi kebutuhan keluarga, insyaallah dari sisi kesehatan akan terbantu,” ungkap Ganjar.

Tersedianya air bersih, lanjut Ganjar, menjadi tolak ukur keberhasilan pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga yang masuk kategori miskin. Tentu saja intervensi pemerintah di luar kebutuhan itu terus diupayakan, seperti perbaikan alas, lantai, dinding, jamban, listrik, dan lainnya.

Baca Juga: Wajib Dicoba! 7 Tempat Wisata Gratis di Semarang yang Sedang Hits dan Instagramable, Dijamin Seru

“Cari juga yang mohon maaf, disabilitas, cari mereka yang usia produktif, usia sekolah tapi dia tidak sekolah atau usia produktif tidak bekerja. Kita latih sehingga mereka bisa menjadi tulang punggung. Kalau satu saja bisa membantu keluarganya, maka indikator-indikator kemiskinannya bisa cepat teratasi,” lanjut Ganjar.

Anggaran pembangunan SPAM di Desa Gendowang sebesar Rp371.722.000 yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah. Kapasitas reservoir SPAM Gendowang tersebut, cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih atau air minum untuk 200 rumah atau KK.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Jatengprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x