PPDB Banyak Masalah, JPPI Usulkan Pemerintah Revisi Permendikbud

- 13 Juli 2023, 18:05 WIB
JPPI usulkan pemerintah revisi Permendikbud/Antara/Aprilio Akbar
JPPI usulkan pemerintah revisi Permendikbud/Antara/Aprilio Akbar /

GALAMEDIANEWS - PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) banyak masalah, JPPI mengusulkan pemerintah untuk merevisi Permendikbud. 

Dilansir dari Antara, berkaitan dengan regulasi PPDB, muncul usulan kepada pemerintah untuk merevisi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 tahun 2021 supaya lebih jelas dan tidak membingungkan.

Usulan tersebut dicetuskan oleh Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), Kamis 13 Juli 2023 dalam keterangan Koordinator Nasional JPPI Ubaid Matraji.

Baca Juga: Persiapan Tim Persebaya Surabaya Jelang Big Match VS PSIS Semarang

"Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 butuh direvisi dan diperbarui dengan aturan yang lebih jelas dan berkeadilan," kata Ubaid Matraji.

Lebih jelasnya Ubaid menyatakan, seharusnya peraturan mengenai PPDB tersebut bisa diterapkan tanpa perlu menunggu pemerintah daerah (Pemda) membuat aturan turunan, yang dianggap membingungkan dan menimbulkan diskriminasi di daerah-daerah.

Usulan ini dipicu dari berbagai permasalahan dalam kegiatan pelaksanan PPDB yang terjadi di daerah-daerah di Indonesia.

Hal yang juga menjadi perhatian adalah jatah kursi di tujuan sekolah. Pihaknya memberi usulan supaya Kemendikbudristek memastikan semua calon siswa mendapatkan kuota di sekolah yang dituju.

Baca Juga: Menko PMK Muhadjir Effendy Sebut Kecurangan PPDB karena Faktor Orang Tua, Bisa Jadi Anaknya Calon Koruptor

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x