Menko PMK Muhadjir Effendy Sebut Kecurangan PPDB karena Faktor Orang Tua, Bisa Jadi Anaknya Calon Koruptor

- 13 Juli 2023, 17:44 WIB
Muhadjir Effendy sebut kecurangan PPDB karena Faktor Orang./Instagram @muhadjir_effendy
Muhadjir Effendy sebut kecurangan PPDB karena Faktor Orang./Instagram @muhadjir_effendy /

GALAMEDIANEWS - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan, kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) merupakan faktor dari orang tua murid.

Muhajir mengatakan adanya faktor orang tua yang menggunakan cara curang dalam pendaftaran PPDB. Ia mengingatkan hal itu sama saja mendidik anak untuk bertindak curang mempengaruhi perilaku anak ke depan bahkan bisa jadi anaknya calon koruptor.

Baca Juga: PPDB Bermasalah, Masyarakat Tuntut Revisi Permendikbud tentang Sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru

"Mestinya orang tua juga harus menyadari kalau sejak awal anak-anaknya dididik dengan cara yang curang, ya itu jadi calon koruptor itu," ucap Muhadjir sebagaimana dikutip galamedianews dari Antara pada 13 Juni 2023.

Menko PMK itu juga turut beri nasihat kepada para orang tua murid untuk memiliki tanggung jawab dalam memberikan pendidikan moral pada anak yang telah menjadi tanggung jawab pertama dan utama sebagai orang tua.

Ia mengatakan apa yang akan terjadi dimasa depan apabila anak-anak telah dididik melakukan kecurangan oleh orang tuanya yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Sabilu Taubah Majelis Kaum Marjinal Pimpinan Gus Iqdam, Jalan untuk Bertaubat

"Kalau anaknya sejak awal diajari ketika masuk sekolah dengan cara curang, apa yang diharapkan dari anak-anaknya nanti?" kata Menko PMK.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga merespon adanya kecurangan dalam proses PPDB dengan sistem zonasi yang telah diterapkan sejak 2017.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x