Saat Sandiaga Uno Kewalahan Mengikuti Tarian Bujang Ganong Ponorogo

- 16 Juli 2023, 22:06 WIB
Saat Menparekraf Sandiaga Uno disela acara KaTa Kreatif Ponorogo belajar Tari Bujang Ganong. / kemenparekraf.go.id
Saat Menparekraf Sandiaga Uno disela acara KaTa Kreatif Ponorogo belajar Tari Bujang Ganong. / kemenparekraf.go.id /

GALAMEDIANEWS - Berkesempatan hadir dalam acara KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif Ponorogo di Gedung PGRI Kabupaten Ponorogo, Minggu 16 Juli 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno didaulat menjadi pembicara tentang pengembangan ekosistem ekonomi kreatif.

Namun, tak hanya berperan sebagai pemateri workshop, Menparekraf Sandiaga Uno pun mencoba belajar salah satu kesenian tradisional Ponorogo, yakni Tari Bujang Ganong.

Usai menyampaikan materi, Sandiaga turut bergabung bersama sejumlah penari Bujang Ganong. Tak lupa ikut mengenakan atribut khas tarian ini, Sandiaga sedikit kesulitan mengikuti gerakan atraktif nan lincah para penari.

Baca Juga: Auto Glowing! Inilah 4 Rekomendasi Serum untuk Remaja yang Dapat Mencerahkan dan Kulit Terasa Kenyal

Topeng dengan wajah raksasa, mata melotot, dan rambut gimbal, membuat sang Menteri cukup kewalahan menarikan tarian ini. Sandiaga baru tahu, selain diikat, ada bagian dari topeng ini yang harus digigit agar topeng terpasang dengan kuat.

Akibatnya, saat topeng dibuka, wajah Sandiaga Uno pun nampak dibanjiri keringat. Meski kesulitan, dirinya terlihat tetap berusaha mengikuti gerakan dengan baik. Para peserta workshop serta sejumlah Forkopimda Kabupaten Ponorogo yang menyaksikan hal tersebut sontak bersorak riuh.

"Saya tidak tahu kalau harus digigit. Dan kalau tidak diikat, menggigit topengnya juga harus lebih kencang. Tapi ternyata tariannya sangat menarik, ada ritme dan semangat yang harus dijaga saat menjalaninya," ujar Sandiaga Uno.

Merasakan sendiri bagaimana sulitnya menari sambil menahan topeng, Sandiaga pun mengapresiasi para penari di Ponorogo yang konsisten mengembangkan dan menjaga kesenian tradisional ini.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x