Fenomena Bank Emok Resahkan Warga Garut, Tak Pinjam Namun Tiba-tiba Ditagih Utang

- 19 Juli 2023, 21:53 WIB
 Para warga sedang melakukan pendataan, yang namanya dicatut meminjam uang kepada Bank Emok.
Para warga sedang melakukan pendataan, yang namanya dicatut meminjam uang kepada Bank Emok. /Antara/ Feri Purnama/



GALAMEDIANEWS - Ratusan warga di Garut, Jawa Barat dikabarkan terlilit utang oleh Bank Emok. Warga mengaku tiba-tiba ditagih oleh petugas bank padahal sebelumnya tidak pernah mengajukan pinjaman.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) atau sering disebut Bank Emok langsung melakukan penelusuran kepada sejumlah warga yang namanya dicatut telah melakukan pinjaman.

Penelusuran dilakukan untuk mengetahui berapa banyak korban dan nilai kerugiannya, serta akan mencari tahu siapa yang bertanggung jawab dalam masalah tersebut.

"Kami sedang melakukan verifikasi dulu berapa jumlah korban yang merasa dirugikan itu," kata Wakil Pimpinan PNM Cabang Garut Wahyu Ferdian di Garut, Rabu, 19 Juli 2023.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Meletus, Nelayan diimbau untuk Tidak Mendekat

Ia menambahkan jika pihak PNM Garut sudah mendapat laporan atas ratusan warga yang menjadi korban pinjaman uang program mekkar di wilayah Desa Sukabakti, Tarogong Kidul, Garut.

"Kami sudah diskusi bersama pihak desa dengan aparat kepolisian, desa setempat, dengan masyarakat setempat ini prosesnya lagi berjalan semua," katanya.

Tim PNM kini sedang melakukan investigasi internal terkai program pembiayaan modal usaha secara berkelompok tersebut, hasil penemuannya masih dalam proses.

"Ya, nanti kita lihat prosesnya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x