Cek Fakta: Pertama Kali di Indonesia! 35 Tahun yang Lalu dokter Padmosantjojo Lakukan Operasi Bayi Kembar Siam

- 25 Juli 2023, 21:57 WIB
Dokter Padmosantjojo dan Istri Beserta Yuliana dan Yuliani.sumber foto/twitter @Syahirulatif/
Dokter Padmosantjojo dan Istri Beserta Yuliana dan Yuliani.sumber foto/twitter @Syahirulatif/ /

GALAMEDIANEWS – 35 tahun yang lalu tepat nya pada tahun 1987 seorang dokter ahli bedah saraf dokter Padmosantjojo melakukan sebuah operasi yang beresiko.

Operasi yang dipimpin oleh dokter Padmosantjojo tersebut adalah untuk pertama kalinya di Indonesia yakni memisahkan bayi kembar siam dempet kepala.

Kedua bayi kembar siam tersebut adalah Yuliana (Ana) dan Yuliani (Ani) yang lahir di RS Tanjung Pinang, Riau pada 31 Juli 1987.

Ana dan Ani mengalami kondisi dempet kepala vertikal di bagian ubun-ubunnya.Dempet kepala vertikal merupakan kasus langka dan sangat sulit dipisahkan.

Baca Juga: Bandung Diprediksikan Macet Pada Gelaran AAF 2023, Catat Tanggal dan Jam Penutupan Jalan Asia Afrika

Kembar siam bisa terjadi di bagian tubuh mana saja.Dalam hal ini siam kepala menjadi hal yang sulit bagi dokter untuk memisahkannya dengan selamat.

"Jelas ini rumit dan butuh tingkat presisi tinggi. Kesalahan sedikit saja akan berakibat fatal. Pemisahan itu seperti membelah uang kertas tanpa merusak gambar pada masing-masing sisinya," dikutip dari akun twitter @FYudiWibowo4.

Menurut unggahannya, dokter dalam operasi ini harus memisahkan selaput otak (duramater) dan membelah pembuluh darah vena (sinus sagitalis) di otak menjadi dua bagian.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Twitter Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x