Pileuleuyan Kang Yayat Hendayana, Wartawan dan Seniman Kenamaan dari Tanah Pasundan

- 26 Juli 2023, 14:55 WIB
Kang Yayat Hendayana (tengah), seorang wartawan dan seniman kenamaan Tanah Pasundan hari ini tutup usia./ Facebook @Yayat Hendayana
Kang Yayat Hendayana (tengah), seorang wartawan dan seniman kenamaan Tanah Pasundan hari ini tutup usia./ Facebook @Yayat Hendayana /

GALAMEDIANEWS – Innalillahi wa innailaihi rojiun, berita duka datang dari Kang Yayat Hendayana, seorang wartawan senior dan juga seniman kenamaan dari Tanah Pasundan yang tutup usia hari ini, Rabu 26 Juli 2023 di usianya yang ke-80 tahun.

 

Kang Yayat Hendayana merupakan wartawan senior Harian Umum Pikiran Rakyat (HU PR) sekaligus doktor dengan predikat sangat memuaskan dari Prodi Ilmu Sastra Universitas Padjadjaran (Unpad).

Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Hadiah Sastra ‘Rancage’ dalam Dinamika Kesusastraan Sunda: Dimensi Kesejarahan, Pragmatis dan Eksistensi” pada sidang terbuka Pascasarjana Unpad, 9 Februari 2016.

Kang Yayat Hendayana lahir di Bandung 7 Juni 1943 dan kepiawaiannya dalam menulis sangat terkenal di dunia kewartawanan. Ia merupakan jurnalis Koran Pikiran Rakyat, salah satu media terbesar di Jawa Barat dan pernah menjadi ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar.

Ia juga penah menjadi anggota Dewan Kebudayaan Jawa Barat (DKJB), serta Ketua Umum Lembaga Basa jeung Sastra Sunda (LBSS). Itulah mengapa, Kang Yayat Hendayana merupakan salah satu seniman besar dan kenamaan dari Tanah Pasundan.

Baca Juga: Bandung Bersiap Tampilkan Parade Seni dan Budaya di Sepanjang Jalan Asia Afrika Dalam AAF 2023 Akhir Pekan Ini

Halaman:

Editor: Feby Syarifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah