Gitaris Balawan Membuktikan Keberagaman Indonesia Melalui Penampilan di Seoul Korea Selatan

- 6 Agustus 2023, 13:03 WIB
Gitaris Balawan membuktikan keberagaman Indonesia melalui penampilan di Seoul Korea Selatan
Gitaris Balawan membuktikan keberagaman Indonesia melalui penampilan di Seoul Korea Selatan /ANTARA/HO-KBRI Seoul/

GALAMEDIANEWS - Penampilan gitaris Balawan di acara 9th Seoul International Harmonica Festival di Gwanghamun Square, Seoul, Korea Selatan, telah menjadi bukti yang menarik bagi publik di sana tentang keberagaman Indonesia.

Dalam musiknya yang universal, Balawan menyampaikan pesan kebhinnekaan Indonesia yang menembus batas suku bangsa dan ras.

Bersama Muhammad Reyhan Naufal (harmonika), Indro Hardjodikoro (bass), dan Dharrian Emilio (drum), Balawan menyajikan penampilan istimewa di panggung depan patung Raja Sejong, yang merupakan tokoh terkenal di kota Seoul.

Pada acara ini, setidaknya ada dua lagu yang menghadirkan keindahan dan keberagaman Indonesia, yaitu "Andong" dan "Janger".

"Lagu Janger kami bawakan untuk mengingatkan masyarakat Korea Selatan akan kebhinnekaan Indonesia melalui keindahan Pulau Bali. Semoga penampilan kami membuat masyarakat Korsel dan wisatawan asing tertarik untuk berwisata ke Indonesia," kata Balawan, yang berhasil menyampaikan pesan positif tentang Indonesia melalui musiknya.

Baca Juga: Berurai Air Mata, Klarifikasi Nikita Mirzani Akui Menyesal Tidak dari Dulu Gandeng Shopee Live Biar Makin Cuan

Penampilan Balawan di Seoul pada tahun ini menjadi sangat istimewa karena pertama kali di masa pandemi, dan juga bersamaan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea. Kedua negara fokus meningkatkan kolaborasi di berbagai bidang, termasuk pelaku ekonomi kreatif.

Diplomasi musik menjadi salah satu subsektor potensial ekonomi kreatif Indonesia yang menarik minat para pelaku di Korea Selatan. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul membentuk Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital, Percepatan Start Up, dan Diplomasi Publik untuk memperkuat kerjasama kedua negara dalam bidang ini.

Baca Juga: Gunakan Knalpot Bising, 50 Motor Kena Razia Polresta Bandung

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x