Gerakan Aksi Bergizi, Upaya Dinas Kesehatan DIY Tekan Kasus Stunting

- 10 Agustus 2023, 14:51 WIB
Ilustrasi pemberian tablet penambah darah bagi remaja putri melalui Gerakan Aksi Bergizi untuk mencegah lahirnya bayi stunting./freepik/jcomp
Ilustrasi pemberian tablet penambah darah bagi remaja putri melalui Gerakan Aksi Bergizi untuk mencegah lahirnya bayi stunting./freepik/jcomp /

GALAMEDIANEWS - Menargetkan kelompok remaja putri sebagai sasaran Gerakan Aksi Bergizi, Dinas Kesehatan DIY berupaya menekan kasus stunting di wilayahnya.

Kegiatan ini dilakukan melalui pemberian tablet penambah darah bagi siswi di lingkungan sekolah.

Dilansir dari antaranews.com, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes DIY Endang Pamungkasiwi mengungkapkan, melalui Gerakan Aksi Bergizi ini angka stunting di DIY diharapkan bisa turun hingga 2 persen setiap tahunnya.

Endang menjelaskan, upaya pemberian tablet penambah darah perlu digencarkan, dengan tujuan menekan kasus anemia pada remaja putri di DIY yang masih cukup tinggi.

Baca Juga: Resep Sambal Kentang Ati Kondimen Pendamping Tumpeng 17 Agustus

Langkah ini diharapkan hasil jangka panjangnya dapat mengurangi lahirnya anak stunting.

Dari data terakhir di tahun 2023, angka anemia pada remaja putri di DIY mencapai 19 persen.

Selain anemia, Endang menambahkan, masih banyak dari kelompok remaja putri di DIY yang juga mengalami kekurangan energi kronis (KEK). Pemberian tablet tambah darah ini diharapkan dapat memenuhi asupan gizi bagi mereka.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x