Gempa Banten Magnitudo 5,7 Terasa hingga Bandung, Bakal Terjadi Susulan?

- 17 Agustus 2023, 13:24 WIB
Ilustrasi. Gempa Banten terasa hingga Bandung.
Ilustrasi. Gempa Banten terasa hingga Bandung. / micro g lacoste/


GALAMEDIANEWS - Gempa berkekuatan magnitudo 5,7 menngguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Pandeglang, Banten, pada pukul 11.28 WIB, Kamis, 17 Agustus 2023.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Dari hasil pemodelan menunjukkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Daryono dalam keterangannya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Baca Juga: Pada Upacara HUT Kemerdekaan RI, Menteri Basuki Hadimuljono Malah Menggoda Erick Thohir

Disebutkan, episenter gempa terletak pada koordinat 7,69 Lintang Selatan (LS) dan 105,34 Bujur Timur (BT) atau berlokasi di laut pada jarak 112 kilometer arah Barat Daya Muarabinuangeun, Banten, pada kedalaman 50 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut dia, gempa bumi tersebut berjenis dangkal akibat adanya deformasi batuan dalam slab lempeng Indo-Australia atau intraslab yang tersubduksi ke bawah Lempeng Eurasia.

Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

Disebutkan, gempa berdampak dan dirasakan di daerah Bandung dengan skala intensitas II-III MMI yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah dengan getaran terasa seakan-akan truk sedang berlalu.

Baca Juga: Cakra Khan Umumkan Langkahnya Terhenti di America's Got Talent, Gagal Lolos Masuk ke Babak Live

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x