2024 Mendatang Pertalite Akan Dihapuskan oleh Pertamina, Diganti dengan Pertamax Green 92

- 31 Agustus 2023, 10:51 WIB
Ilustrasi Pertalite Akan Dihapuskan oleh Pertamina
Ilustrasi Pertalite Akan Dihapuskan oleh Pertamina /pertamina.com/

GALAMEDIANEWS – Pada tahun 2024 mendatang Pertamax Green 92 akan menggantikan Pertalite. Keberadaan Pertalite pun akan dihapuskan dan akan digantikan dengan Pertamax Green 92 yang bertujuan untuk menekan pembuangan bahan bakar gas dari kendaraan sehingga PT Pertamina Persero membuat kebijakan untuk pergantian bahan bakar pada tahun 2024.

Pertamina berencana untuk menghapus Pertalite. Pertalite merupakan bahan bakar minyak dengan oktan paling rendah. Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan bahwa Perseroan akan mengganti bahan bakar minyak dengan oktan paling rendah dengan menaikkan angka oktan yang semula RON 90 menjadi RON 92 melalui bahan yang dicampur dengan etanol 7 persen mulai tahun 2024 mendatang.

Pertamina pun memiliki program yang bernama ‘Langit Biru’, yaitu program yang pada tahap pertama menaikkan bahan bakar minyak subsidi RON 88 yang semula disebut dengan premium lalu di naikkan menjadi RON 90 yang kini berganti nama menjadi Pertalite.

“Kita lanjutkan sesuai dengan recanana Program Langit Biru tahap dua, di mana BBM subsidi kita naikan dari RON 90 ke RON 92,” ujar Nicke selaku Dirut PT Pertamina di Jakarta pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi VII di DPR.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: pertamina.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x