Ridwan Kamil Bagikan Koper Canggih, Bisa Dibawa Sampai ke Gunung untuk Mengetes Covid-19

- 30 Agustus 2020, 19:40 WIB
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (kedua dari kiri) menyerahkan secara simbolis PCR Portable untuk 27 kabupaten/kota di Jabar, Minggu 30 Agustus 2020. (istimewa)
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (kedua dari kiri) menyerahkan secara simbolis PCR Portable untuk 27 kabupaten/kota di Jabar, Minggu 30 Agustus 2020. (istimewa) /

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyerahkan PCR Portable untuk 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Upaya tersebut dalam rangka meningkatkan rasio pengetesan metode uji usap (swab test) dan pelacakan kontak erat bisa berjalan lebih cepat.

Ketua Gugus Tugas Jabar itu meminta Gugus Tugas Kabupaten/Kota fokus mengetes kawasan industri. Mengingat sudah muncul klaster penularan Covid-19 di kawasan industri.

"Ada klaster di tempat kerja, khususnya industri. Maka, saya titip kepada seluruh bupati dan wali kota yang punya zona industri untuk diprioritaskan dalam tes PCR," tuturnya pada kegiatan penyerahan PCR Portable di Balai Kota Cirebon, Minggu, 30 Agustus 2020.

Baca Juga: Arus Dana Asing Keluar Indonesia Kencang, Rp 149,75 Triliun Hengkang

Dengan penggunaan PCR Portable, maka pengetesan Covid-19 dapat dilakukan di daerah pelosok Jabar. Terutama daerah yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM), karena berukuran sebesar koper kecil dan mudah dibawa ke mana saja.

"Polanya tidak usah warga yang datang ke laboratorium, tapi koper canggih ini bisa dibawa petugas menggunakan motor hingga ke gunung-gunung," ungkap pria yang akrab disapa Emil itu.

Ia berharap rasio pengetesan di Jabar terus meningkat, sehingga peta persebaran Covid-19 semakin komprehensif dan rantai penularannya dapat diputus.

Baca Juga: Lima Kebakaran Besar Terjadi di Garut dalam Sepekan Terakhir

Lebih lanjut Emil menyatakan, di Jawa Barat harus dilakukan pengetesan dengan metode uji usap sebanyak 500 ribu atau satu persen dari jumlah penduduk.

Berdasarkan data Pikobar pada Minggu, 30 Agustus 2020 pukul 14.30 WIB, Gugus Tugas Jabar sudah mengetes dengan metode PCR sebanyak 223.287 spesimen.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x