Muhaimin Iskandar Pastikan Hadir Pemeriksaan di KPK: Saya Sebagai Saksi

- 6 September 2023, 16:44 WIB
Muhaimin Iskandar memastikan akan datang ke KPK menjalani pemeriksaan kasus korupsi.
Muhaimin Iskandar memastikan akan datang ke KPK menjalani pemeriksaan kasus korupsi. /ANTARA/Genta Tenri Mawangi/

GALAMEDIANEWS - Mantan Menteri Tenaga Kerja, Muhaimin Iskandar, telah memastikan bahwa dia akan datang ke Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta pada Kamis, 7 September 2023 untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus korupsi pengadaan sistem proteksi tenaga kerja Indonesia di Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) pada tahun 2012.

Pemanggilan Muhaimin oleh KPK terkait kasus ini, yang berlangsung saat dia menjabat sebagai menteri tenaga kerja periode 2009–2014. Saat dimintai komentar oleh wartawan di NasDem Tower, Jakarta, Rabu, 6 September 2023.

"Besok pasti (saya) datang, karena memang ini proses biasa yang ada sebagai saksi, saya diminta untuk datang," kata Muhaimin Iskandar.

Baca Juga: Nonton My Happy Marriage Episode 10 Sub Indo LEGAL Terbaru Bukan dari Otakudesu dan Anoboy

KPK telah menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini, termasuk dua pegawai negeri sipil dan satu orang dari sektor swasta. Kasus ini menarik perhatian karena penyidik KPK baru-baru ini melakukan pemanggilan usai Muhaimin Iskandar deklarasi sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) Anies Baswedan. Namun, hingga saat ini, KPK belum mengumumkan temuan-temuan hasil penggeledahan tersebut kepada publik.

Bantah Politisasi Kasus Korupsi

Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Mahfud MD, pemanggilan Muhaimin oleh KPK bukanlah politisasi hukum. Mahfud MD meyakini bahwa pemanggilan tersebut adalah bagian dari prosedur hukum biasa untuk melengkapi informasi dalam penyelidikan kasus korupsi yang sedang ditangani oleh KPK.

"Menurut saya, itu bukan politisasi hukum. Kita berpendirian bahwa tidak boleh hukum dijadikan alat untuk tekanan politik. Dalam kasus pemanggilan Muhaimin oleh KPK, saya meyakini itu permintaan keterangan biasa atas kasus yang sudah lama berproses. Muhaimin tidak dipanggil sebagai tersangka, tetap (dia) diminta keterangannya untuk melengkapi informasi atas kasus yang sedang berlangsung," kata Mahfud MD menjelaskan.

Baca Juga: NONTON dan DOWNLOAD Jujutsu Kaisen Season 2 Episode 7 Sub Indo RESMI SUMMER Selain dari Samehadaku dan Anoboy

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x