Gunung Haruman: Tempat Wisata Religi dan Mitos di Kabupaten Garut, Jawa Barat

- 7 September 2023, 10:43 WIB
Situ Cangkuang dengan latar belakang Gunung Haruman./Instagram/Andikagram
Situ Cangkuang dengan latar belakang Gunung Haruman./Instagram/Andikagram /

GALAMEDIANEWS - Gunung Haruman adalah salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki sejarah, budaya, dan mitos yang membuatnya menarik sebagai tujuan wisata.

Terletak di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kadungora dan Kecamatan Cibiuk, Gunung Haruman memiliki daya tarik tersendiri bagi pendaki gunung dan pencari petualangan.

Salah satu aspek menarik Gunung Haruman adalah keberadaan Masjid Mbah Wali, juga dikenal sebagai Masjid Keramat. Masjid ini memiliki nilai sejarah dan religi yang tinggi.

Baca Juga: Tipe MBTI Para Karakter One Piece Live Action Lengkap dengan Penjelasan Part 3

Baca Juga: Tipe MBTI Para Karakter One Piece Live Action Lengkap dengan Penjelasan Part 2

Dibangun oleh Syekh Ja'far Shidiq, sosok yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Kabupaten Garut, masjid ini masih berdiri hingga saat ini. Keberadaan masjid ini menjadi salah satu daya tarik utama Gunung Haruman sebagai tujuan wisata religi.

Batu Kuda adalah salah satu fenomena alam yang menarik di Gunung Haruman. Di puncak gunung, terdapat formasi batuan yang mirip dengan kuda.

Menurut mitos yang beredar di kalangan masyarakat setempat, batu ini diyakini sebagai perwujudan kendaraan yang digunakan oleh Prabu Kiansantang dalam menyebarkan agama Islam.

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa siapa pun yang menyentuh batu ini sambil berdoa mengenai cita-citanya, cita-citanya akan tercapai lebih cepat.

Baca Juga: Jelang 30 Tahun GIGI di Industri Musik, Armand Maulana Ungkap Hal yang Paling Sulit dan Trik untuk Bertahan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Info Garut Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x