Kemarau Panjang, 15 Daerah di Jabar Alami Kekurangan Air dan Kekeringan

- 8 September 2023, 10:25 WIB
Ilustrasi kekeringan.
Ilustrasi kekeringan. /Ilustrasi freeprik.com @sergeycauselove/


GALAMEDIANEWS - Kemarau panjang yang melanda wilayah Indonesia, tak terkecuali Jawa Barat, membuat masyarakat kekurangan air. Di beberapa daerah, bahkan terjadi kekeringan.

Sejak bulan Januari hingga September 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar mencatat ada 15 kabupaten kota yang mengalami kesulitan air bersih.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Perempat Final Victor China Open 2023, Indonesia Pastikan Satu Tiket Semifinal

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Victor China Open 2023 Jumat, 8 September, Perjuangan 4 Wakil Indonesia

"Lima belas Kabupaten/Kota terdampak kemarau, warga banyak yang kekurangan air bersih," tutur Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Hadi Rahmat, Jumat, 8 September 2023.

Ia menyatakan, kesulitan air bersih ini disebabkan karena musim kemarau panjang yang kini dirasakan di 27 kabupaten kota di Jawa Barat.

Hadi pun mengungkap daerah mana saja yang mengalami kekurangan air dan kekeringan di musim kemarau ini. Mulai dari Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Garut, Bandung Barat, Bandung, Purwakarta, Majalengka, Karawang, Subang, hingga Cirebon, Pangandaran dan lainnya.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Victor China Open 2023 Babak Perempat Final Jumat, 8 September

"Ada sebanyak 64 kecamatan dan 156 desa di Jabar yang terdampak kekeringan ini. Desa ini kesulitan air bersih," ungkapnya.

Kebakaran hutan dan lahan

Dari 15 daerah tersebut, ujar Hadi, Kabupaten Bogor paling parah. Pasalnya, di kabupaten tersebut setidaknya ada 71 desa yang terdampak.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x