Hengky Kurniawan Perintahkan Dinas Bangun Embung Raksasa Atasi Kekeringan di Bandung Barat

- 23 Agustus 2023, 18:59 WIB
Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan
Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan /Deni Supriatna /Galamedia News //
 
GALAMEDIANEWS - Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat akan segera memberikan bantuan air bersih  di beberapa wilayah yang mengalami kekeringan dampak fenomena El Nino. 
 
Adapun wilayah yang mengalami kekeringan dampak fenomena El Nino diantaranya Kecamatan Ngamprah dan Cipatat. 
 
Menanggapi fenomena El Nino, Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, pihaknya sudah menandatangani Surat Keputusan (SK) untuk Dinas terkait agar segera mengirimkan air bersih di wilayah yang mengalami kekeringan di Kabupaten Bandung Barat. 
 
"Pertama, SK sudah saya tanda tangani tadi malam, saya minta segera untuk wilayah-wilayah yang mengalami kekeringan kita bantu sementara untuk air bersihnya," ujar Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan pada Rabu, 23 Agustus 2023. 
 
 
Menurut Hengky Kurniawan, bantuan untuk dampak kekeringan yang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung Barat sudah di alokasikan di Belanja Tidak Terduga (BTT). 
 
" Jadi, kita bisa alokasikan dari BTT yang memang sudah di alokasikan," ucap Hengky Kurniawan. 
 
Meski demikian, Hengky Kurniawan menjelaskan sudah menyampaikan kepihak Dinas terkait agar menyiapkan embung (penampung air) raksasa di beberapa titik di wilayah Kabupaten Bandung Barat. 
 
" Saya sudah menyampaikan kepada Dinas terkait, kita siapkan embung raksasa di beberapa titik. Dan saya berharap ini bisa menjadi program strategis Pemerintah kedepannya," tutur Hengky Kurniawan. 
 
 
Terakhir, Hengky Kurniawan menambahkan, ada beberapa kajian seperti spot Center dan rumah susun yang saat ini dalam proses persiapan. 
 
" Ada beberapa kajian, misalnya spot Center dan rumah susun serta lainnya sedang disiapkan untuk tahun depan," kata Hengky Kurniawan menandaskan.
 
Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan kekeringan merupakan salah satu dampak dari fenomena El Nino yang terjadi di Indonesia hingga pertengahan bulan Juli 2023, tercatat 63 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim kemarau.
 
 
BMKG memprediksi musim hujan baru terjadi sekitar bulan November mendatang usai musim kemarau kering berkurang intensitasnya pada Oktober.***

Editor: Lina Lutan

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x