Long Weekend, Penularan Covid-19 di DKI Jakarta Meningkat

- 31 Agustus 2020, 17:31 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /

GALAMEDIA - Penularan kasus Covid-19 yang terjadi di DKI Jakarta meningkat pada saat periode libur panjang atau long weekend di tanggal 16 hingga 22 Agustus 2020.

"Penambahan kasus baru dilacak terjadi di tanggal penularan 16 sampai 22 Agustus dan ini saat long weekend," kata Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito  dalam keterangannya, Senin, 31 Agustus 2020.

Kasus peningkatan konfirmasi positif Covid-19 di DKI Jakarta melonjak signifikan dibandingkan beberapa minggu terakhir.

"Kondisi di DKI Jakarta, kasus cukup meningkat tajam selama beberapa waktu terakhir dan beberapa daerah sekitar DKI selama empat minggu belakangan dengan risiko tinggi," katanya seperti dilansirkan antara.

Baca Juga: BCA Beri Pesan ke Pekerja Penerima BLT Rp 600 Ribu: Hati-hati Terhadap Penipuan!

Wiku juga menyebut tingkat kapasitas rumah sakit yang menampung pasien Covid-19 di DKI Jakarta juga sudah tidak ideal dan bisa berpotensi membebani tenaga kesehatan yang ada.

DKI Jakarta memiliki 54 laboratorium pemeriksaan, 67 rumah sakit rujukan dengan 170 RS yang tangani Covid-19. Kondisi saat ini dinilai sudah tidak ideal karena angka keterpakaian tempat tidur di ruang isolasi mencapai 69 persen, sedangkan keterpakaian di ruang ICU 77 persen.

Pemerintah sedang berupaya untuk menurunkan angka keterpakaian tempat tidur ini hingga di bawah 60 persen agar beban tenaga kesehatan berkurang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan RS Sisma Atlet dalam menangani pasien Covid-19 dengan kriteria sedang hingga ringan.

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x