PKM-RE UT Lakukan Penyuluhan Stunting dan Uji Panelis di Posyandu Harum Manis

- 11 September 2023, 14:00 WIB
Penyuluhan Stunting dan Uji Panelis Mochi Kelor./PKM-RE Universitas Terbuka
Penyuluhan Stunting dan Uji Panelis Mochi Kelor./PKM-RE Universitas Terbuka /

 

 

GALAMEDIANEWS - Dalam upaya pemenuhan riset dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 yang diselenggarakan dikti. Tim PKM-RE Universitas Terbuka, melakukan kegiatan Uji Panelis meliputi Uji Sensori Hedonik dan Uji Organoleptik, dengan produk riset mochi substitusi tepung beras merah dan daun kelor.

Kegiatan Uji ini dilakukan pada hari Sabtu, 9 September 2023 di Posyandu Harum Manis Desa Raharja, Kec. Tanjungsari, Kab. Sumedang, Prov. Jawa Barat.

Kegiatan uji ini dipartisipasi sebanyak 35 orang ibu yang memiliki anak balita. Kegiatan ini diawali dengan, pengenalan kasus stunting yang sering terjadi pada balita serta cara pencegahannya.

Baca Juga: Harga Tiket Kereta Api Jakarta-Bandung Cuma Rp16 Ribu, Simak Jadwal dan Rutenya

Selanjutnya, para ibu diminta untuk memberikan penilaian atau skor kesukaan terhadap sifat sensorik pada mochi substitusi beras merah dan daun kelor sebagai produk riset pencegahan stunting.

Ketampakan mochi, warna, tekstur dan rasa mochi, para ibu diminta memberi penilaian jujur untuk mengetahui tingkat kesukaan dari suatu produk. Tingkat kesukaan ini disebut dengan skala hedonik, misalnya sangat suka, suka, agak suka, tidak suka, sangat tidak suka dll.

Selain memberikan penilaian atau skor kesukaan pada mochi tersebut, TIM PKM-RE Universitas Terbuka melakukan penyuluhan mengenai kasus stunting yang sering terjadi pada balita disertai cara pencegahannya. Para ibu-ibu yang hadir sangat tertib dan antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan ini.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: PKM-RE Universitas Terbuka


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x