PTM2D LLDIKTI 4 Perkuat Kontribusi Positif, Mahasiswa KKN Tematik Gelar Seminar Pemberdayaan Masyarakat

- 13 September 2023, 17:31 WIB
Mahasiswa ARS University Gelar KKN Tematik dan Beri Kontribusi Nyata di Pangandaran./ist
Mahasiswa ARS University Gelar KKN Tematik dan Beri Kontribusi Nyata di Pangandaran./ist /

 

GALAMEDIANEWS - Mahasiswa KKN Tematik PTM2D dari ARS University, Universitas Bakti Tunas Husada (UBTH) Tasikmalaya, Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya, Uninus dan Unjani, menggelar seminar pemberdayaan masyarakat. Acara dilakukan untuk memperkuat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dan kontribusi nyata ke masyarakat.

Seminar tersebut dilakukan mahasiswa KKN tematik PTM2D di Desa Cintaratu, Desa Parigi, Kabupaten Pangandaran belum lama ini.

Baca Juga: ARS University Gelar Monev Internal Program Kompetisi Kampus Merdeka

Adapun tema yang diusung dalam seminar pemberdayaan masyarakat, inovasi, dan digital UMKM berbasis kearifan lokal tersebut, yakni "Menuju Masyarakat Kuat Mandiri, Unggul", dengan narasumber Prof. Dr. H Purwadhi, M.Pd.

Seminar ini merupakan bagian integral dari KKN tematik yang akan melibatkan mahasiswa dalam memajukan ekonomi lokal dan memperkuat pemberdayaan masyarakat.

Prof. Dr. H Purwadhi, M.Pd mengatakan, acara mencakup berbagai aspek penting, termasuk pemahaman tentang Kearifan Lokal dalam Pemberdayaan Masyarakat, di mana peserta akan diperkenalkan dengan nilai-nilai dan budaya lokal yang menjadi landasan penting dalam menggerakkan ekonomi.

Baca Juga: Dandim Cimahi Sebut 450 Anggota TNI Jaga Ketat Kedatangan Presiden Jokowi di Stasiun Padalarang

Selain itu, seminar akan menjelaskan peran yang dimainkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menjaga dan mempromosikan kearifan lokal. Potensi yang dimiliki dalam segi Sumber Daya Alam (SDA) yang mumpuni di Desa Cintaratu.

Sehingga banyak sekali peluang yang bisa digunakan sebagai bentuk perbaikan ekonomi masyarakat setempat. Sehingga narasumber memberikan pengarahan terkait cara penggunaan sumber daya alam, segi pemasaran hingga pada tahap pengolahan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x