Ridwan Kamil Disebut-sebut Jadi Cawapres, Ini Komentar Pengamat Politik

- 16 Oktober 2023, 18:31 WIB
Mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.
Mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. /Ist/



GALAMEDIANEWS - Belakangan ini nama Ridwan Kamil disebut-sebut sebagai calon Wakil Presiden dalam gelaran Pilpres mendatang.

Hal ini mendapat berbagai komentar dari sejumlah kalangan. Salah satunya dari pengamat politik yakni Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran, Prof. Muradi, M.Si., M.Sc., Ph.D.

Muradi menjelaskan sekarang sudah saatnya putra daerah terbaik Jawa Barat pentas di panggung politik nasional. Namun hal tersebut perlu didiskusikan lebih lanjut, apakah akan menjadi hal penting untuk Jawa Barat atau sebaliknya.

Baca Juga: SMA Terbaik di Madura, 3 Sekolah Ini Menjadi Unggulan Nasional di Jawa Timur Versi LTMPT

"Sekarang secara populasi Jawa Barat menjadi penyumbang suara terbesar secara nasional. sudah sepantasnya ada putra daerah terbaik Jawa Barat dipanggung politik Nasional," ujarnya.

"Hanya memang yang harus digaris bawahi RK (Ridwan Kamil) tidak sendiri, dia tidak boleh merasa ini hanya sebatas tanggung jawab personal, dibelakang dia tuh adalah gerbong Jawa Barat, bukan hanya gerbong ITB, atau gerbong Bandung, tapi gerbong Jawa Barat, dimana posisi dia harus membawa aspirasi masyarakat Jawa barat," tambahnya.

Tidak itu saja, lanjutnya, Ridwan Kamil harus meyakinkan publik, dan partai politik dimana kalau terpilih mempunyai ruang untuk membangun elektabilitas nasional.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x