Bantuan Langsung Tunai El Nino: Ada Tiga Paket Bantuan yang Akan Diterima Masyarakat

- 27 Oktober 2023, 13:34 WIB
Ilustrasi Bantuan Langsung Tunai El Nino 
Ilustrasi Bantuan Langsung Tunai El Nino  /Pixabay/IqbalStock/

GALAMEDIANEWS – Jakarta, 25/10/2023 Kemenkeu – Pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meluncurkan paket kebijakan APBN untuk menjaga stabilitas dan momentum pemulihan ekonomi.

Kebijakan tersebut dilakukan dalam rangka merespon gejolak ekonomi global, perlambatan ekonomi Tiongkok, dan kemarau panjang akibat El Nino. Berikut 3 Paket bantuan yang akan diberikan Pemerintah pada Masyarakat penerima manfaat yaitu:

1. Paket Bansos Beras

Paket bantuan ini meliputi penebalan bansos berupa tambahan bantuan beras. Tambahan bantuan beras akan diberikan kepada 21,3 juta kelompok penerima manfaat sebesar 10 kg selama bulan Desember dengan total kebutuhan anggaran Rp2,67 triliun. Kebijakan ini bertujuan menjaga daya beli, stabilisasi harga, dan pengendalian inflasi.

Baca Juga: Bantuan Stunting Tahap Dua di Jawa Tengah Mulai Didistribusikan, Pos Indonesia Pastikan Berjalan Lancar

2. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Sementara, BLT akan diberikan kepada 18,8 juta kelompok penerima manfaat sebesar Rp200 ribu per bulan selama November-Desember dengan total kebutuhan anggaran Rp7,52 T.

3. Bantuan PPN DTP

Bentuk kebijakannya yaitu pemberian PPN DTP (Ditanggung Pemerintah) untuk penjualan rumah baru dengan harga di bawah 2 miliar rupiah. Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah, pemerintah juga memberi Bantuan Biaya Administrasi (BBA) selama 14 bulan sebesar Rp4 juta per rumah. Terakhir, dukungan juga diberikan pada penambahan target bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) untuk masyarakat miskin sebanyak 1,8 ribu rumah.

Halaman:

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x