Dorong Pengembangan UMKM, Rumah BUMN Telkom Soreang Gelar Pelatihan Optimalisasi AI

- 27 Oktober 2023, 20:37 WIB
Rumah BUMN Telkom Soreang Gelar Pelatihan Optimalisasi AI.
Rumah BUMN Telkom Soreang Gelar Pelatihan Optimalisasi AI. /

GALAMEDIANEWS - Rumah BUMN Telkom Soreang menggelar pelatihan "Keyword Search With AI for MSMEs" untuk mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kepada puluhan pelaku usaha di Kabupaten Bandung.

Fasilitator Rumah BUMN Telkom Soreang Helmi Febriansyah mengemukakan Artificial Intelligent (AI) saat ini sudah mulai banyak digunakan untuk kepentingan bisnis.

Dia mengharapkan acara ini dapat menjadikan wirausahawan milenial semakin bisa menggunakan AI sebagai salah satu alat mengembangkan usahanya.

"Acara ini mengundang UMKM yang haus akan ilmu tentang digitalisasi. Dalam perkembangannya AI sudah menjadi kebutuhan pokok bagi wirausaha muda. AI bisa digunakan untuk mempermudah usaha wirausaha milenial melalui optimalisasi keyword," paparnya kepada wartawan di Rumah BUMN Telkom Soreang, Jumat 27 Oktober 2023.

Baca Juga: Telkom Jawa Barat Serahkan Bantuan Pendidikan dan Sarana Umum di Sukabumi

Dia menjelaskan, UMKM binaan Rumah BUMN Soreang saat ini berjumlah sekitar 2.978 yang berasal dari Kabupaten Bandung dan beberapa wilayah sekitarnya seperti Majalaya, Ciparay, Soreang, Banjaran, dan Baleendah.

"Sekitar 70 persennya bergerak di sektor makanan & minuman, 20 persennya di bidang fashion, dan sisanya di bidang craft dan jasa," ujarnya.

Dia menjelaskan, tidak ada syarat khusus menjadi mitra binaan karena Rumah BUMN Telkom Soreang akan menjalin sinergi dengan UMKM dan membantu dalam berbagai hal, seperti pengurusan NIB, PIRT, desain, logo, pengemasan, sertifikasi halal, hingga pendanaan.

"Untuk pemasaran, kami juga mendorong lewat aplikasi PaDi UMKM, dengan membantu pemasaran lewat media sosial, dan pelatihan. Pemasaran yang dilakukan di marketplace ini bussiness to bussiness", katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x