Pentingnya Regulasi Kecerdasan Buatan (AI) : Indonesia Perlu Ambil Pelajaran dari Negara Berikut

- 7 Oktober 2023, 14:14 WIB
Black Wall sebuah firewall dari fiksi dunia cyberpunk yang berfungsi untuk menjaga AI jahat agar tidak menerobos ke dunia maya dan menimbulkan kekacauan di dunia nyata./Cyberpunkgame/Reddit.com
Black Wall sebuah firewall dari fiksi dunia cyberpunk yang berfungsi untuk menjaga AI jahat agar tidak menerobos ke dunia maya dan menimbulkan kekacauan di dunia nyata./Cyberpunkgame/Reddit.com /

GALAMEDIANEWS - Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah mengalami perkembangan pesat, dan ini memunculkan kebutuhan mendesak untuk regulasi yang efektif, terutama di Indonesia.

Mengutip dari Reuters, beberapa negara telah mengambil langkah-langkah konkret dalam mengatur AI, dan ini menjadi pelajaran berharga untuk negeri ini.

Baca Juga: Bencana Iklim Pecahkan Rekor Terlantarnya Jutaan Anak di Dunia

Australia

Regulator internet negara ini berencana membuat peraturan yang akan mewajibkan mesin pencari untuk menyusun kode baru guna mencegah berbagi materi pelecehan seksual anak yang dibuat oleh AI serta produksi deepfake dari materi serupa.

Inggris

Otoritas data Inggris telah mengeluarkan pemberitahuan penegakan preliminer terhadap Snapchat milik Snap Inc. terkait dengan kegagalan potensial dalam menilai risiko privasi chatbot AI generatifnya kepada pengguna, terutama anak-anak.

Selain itu, otoritas persaingan negara ini telah merumuskan tujuh prinsip untuk mengharuskan pengembang bertanggung jawab, mencegah praktik Big Tech yang melibatkan teknologi dalam platform tertutup mereka, dan menghentikan perilaku anti-persaingan seperti bundling.

China

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x