FKB Telkom University Gelar PKM di Kuningan: Perkembangan Desa Tertinggal Menjadi Desa Mandiri

- 3 November 2023, 10:14 WIB
Telkom University gelar kegiatan PKM di Kuningan
Telkom University gelar kegiatan PKM di Kuningan /dok/

Kehidupan Desa dan Kota selalu menjadi komparasi dalam kehidupan manusia. Kehidupan kota dikenal sebagai kota yang amat sibuk, berteman dengan polusi udara, polusi suara, banyak bangunan tinggi menjulang. Sedangkan kehidupan desa dihiasi dengan ketenangan, pemandangan hijau, air bersih, udara segar, gotong royong, keramat tamahan warga dan segala hal yang mendefinisikan “healing”.  

Orang perkotaan mencari suasana desa untuk berlibur dan beristirahat. Kemudian karena suasana pedesaan masih alami, mereka yang sudah memiliki potensi harus mengembangkannya. Sesuai dengan kebijakan pemerintah khususnya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2021 telah menggelar siaran pers HM.4.6/458/SET.M.EKON.3/12/2021.

Siaran pers tersebut berisi mengenai pengembangan desa wisata adalah tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan. Karena itu, tiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Desa di Kuningan, Jawa Barat khususnya seperti Desa Cibuntu telah memulai mengembangkan potensi desanya sejak tahun 2015 karena yakin bahwa desanya memiliki potensi pariwisata yang menarik.

Baca Juga: 5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia, Menurut UniRank 2023, Salah Satunya Telkom University Bandung

Menurut kepala Desa Cibuntu Pak Dadi mengatakan bahwa “Desa Cibuntu dulu adalah desa tertinggal, kini sudah menjadi Desa Mandiri namun kami butuh banyak ilmu agar bisa terus berkembang”.

Kegiatan PKM di Desa Cibuntu, Kuningan

Desa Cibuntu telah meraih urutan kelima terbaik tingkat ASEAN pada 2016 dalam bidang homestay. Selain itu, pada 2017, desa ini juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia. Namun, telah meraih berbagai prestasi, tidak menjadikan desanya puas. Justru ingin semakin meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya menjadi lebih “melek” digital.

FKB Telkom University gelar kegiatan PKM di Kuningan
FKB Telkom University gelar kegiatan PKM di Kuningan

Dikonfirmasi oleh Sekretaris desa, Ibnu yang mengatakan bahwa “Desa Cibuntu hanya memiliki modal 0 rupiah namun memiliki semangat yang tinggi masyrakatnya untuk membangun desa wisata yang seperti sekarang ini”.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Telkom University


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x