Mengenal Nyamuk Wolbachia atau Nyamuk Bill Gates yang Cegah Penyebaran Virus Dengue Demam Berdarah

- 18 November 2023, 22:05 WIB
Nyamuk Wolbachia melawan nyamuk virus dengue demam berdarah./pixabay mikadago
Nyamuk Wolbachia melawan nyamuk virus dengue demam berdarah./pixabay mikadago /

 

GALAMEDIANEWS - Indonesia pada bulan November sudah memasuki masa pancaroba dimana di musim peralihan ini kemungkinan penyebaran virus dengue demam berdarah akan meningkat, untuk itu Kemenkes mencoba menekan wabah dengan teknologi nyamuk Wolbachia.

Nyamuk Wolbachia atau disebut juga nyamuk Bill Gates merupakan jenis nyamuk yang dikembangbiakan di Amerika Serikat untuk menekan penyebaran wabah demam berdarah.

Kemenkes mencoba menerapkan teknologi nyamuk Wolbachia agar daerah-daerah yang rawan demam berdarah bisa segera ditekan dan tidak menimbulkan korban.

Baca Juga: Perjalanan Keimanan di Tengah Badai Ujian: Refleksi Tabligh Akbar Ustadz Handy Bonny di MAI Goes to Campus

Namun kehadiran nyamuk Wolbachia ini menghadirkan pro dan kontra di tengah masyarakat dengan beredarnya sebuah berita hoax di media sosial.

Dimana menurut sumber yang belum diyakini kebenarannya, nyamuk ini akan merubah sifat genetik pada manusia menjadi sebuah kekhawatiran besar dan cukup menakutkan

Dilansir Galamedianews dari Instagram @kemenkes_ pada 18 November 2023 berikut fakta-fakta nyamuk Wolbachia diantaranya

1. Nyamuk Wolbachia tidak direkayasa secara genetik karena bakteri alami ini sudah ada di dalam tubuh 60 persen serangga seperti lalat buah, capung, kupu-kupu, nyamuk dan serangga lain.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x