Komunitas Cinta Budaya Nusantara Besutan Melok Besari: Merawat Kebhinekaan Seni, Budaya dan Etika

- 20 November 2023, 18:56 WIB
Perempuan pecinta dan pelestari budaya Nusantara./Veronika/Galamedianews
Perempuan pecinta dan pelestari budaya Nusantara./Veronika/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS – Komunitas Cinta Budaya Nusantara (CBN) turut serta berpartisipasi bersama ribuan peserta lainnya dalam pagelaran Angklung’s Day 2023, di Taman Balaikota Bandung, Minggu, 19 November 2023.

Berbalut kebaya warna-warni dan kain batik, para wanita anggota komunitas Cinta Budaya Nusantara tampil ambil bagian dalam perayaan Hari Angklung Sedunia 2023.

Didirikan oleh Melok Besari, salah satu tokoh pemerhati budaya kota Bandung, komunitas CBN hadir sebagai komunitas yang peduli terhadap kelestarian budaya Nusantara.

Baca Juga: Pelaku Penipuan Tiket Konser Coldplay Raup Keuntungan Rp5,1 Miliar: Saya Mengakui Kesalahan

Tidak hanya terbawa euphoria pagelaran Angklung’s Day 2023 semata saja, CBN bahkan telah berkegiatan kesenian sejak 4 tahun komunitas ini berdiri.

Lebih jauh dari itu, CBN telah menelurkan program unggulan yaitu “Mengebayakan Indonesia” dan membawa kebaya menuju dunia melalui UNESCO. Bahkan CBN telah berhasil mencanangkan ‘Hari Kebaya nasional’.

Hal ini dikemukakan Melok sebagai ketua CBN yang juga merupakan adik kandung Ainun Habibie saat ditemui Galamedianews disela persiapan selebrasi angklung bersama kemarin.

Baca Juga: Terbaik 2023! 3 Tempat Wisata Populer di Mojokerto Ini Cocok untuk Lokasi Liburan Bareng Keluarga

Melok mengungkapkan bahwa kebaya sebagai identitas bangsa seyogyanya perlu dilestarikan dan didaftarkan sebagai warisan budaya Indonesia pada dunia internasional. Harapannya, kebaya Nusantara bisa mendunia, sejajar dengan pakaian tradisional negara lain yang dikenal luas oleh dunia.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x