Ratusan Buruh Desak Pj Bupati Bandung Barat Naikkan UMK 15 Persen, Ancam Mogok Daerah

- 23 November 2023, 17:05 WIB
Ratusan serikat buruh lakukan aksi demo meminta Pj Bupati Bandung Barat menaikkan UMK sebesar 15 persen /Foto : Deni Supriatna /Galamedianews
Ratusan serikat buruh lakukan aksi demo meminta Pj Bupati Bandung Barat menaikkan UMK sebesar 15 persen /Foto : Deni Supriatna /Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Ratusan buruh di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang tergabung dari lima serikat buruh berunjuk rasa di depan kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat pada Kamis , 23 November 2023. 

Adapun lima serikat buruh yang tergabung tersebut diantaranya DPC SPN, DPC SBSI 92, KC FSPMI, DPC GOBSI dan PC FSP KEP SPSI. 

Ketua Koordinator Koalisi Lima Serikat buruh, Dede Rahmat mengatakan sikap terkait Upah Minimum Kabupaten /Kota (UMK). 

Menurutnya, kelima serikat buruh melakukan aksi demo kepada Pj Bupati Bandung Barat dengan harapan Pj Bupati bisa menghadiri  dan menyampaikan tuntutan dari para pekerja. 

Ketua Koordinator Koalisi Lima Serikat buruh, Dede Rahmat mengatakan, kelima serikat buruh melakukan aksi demo kepada Pj Bupati Bandung Barat dengan harapan Pj Bupati bisa menghadiri  dan menyampaikan tuntutan dari para pekerja. 

"Para pekerja di Bandung Barat hari ini menginginkan sebuah rekomendasi upah kenaikan UMK tahun 2024 minimal 15 persen," ujar Ketua Koordinator Koalisi Lima Serikat buruh, Dede Rahmat.

Baca Juga: Bey Machmudin: Jabar Dukung Penuh UMK Naik Kelas

Terkait angka 15 persen, Dede menyampaikan, angka tersebut merupakan yang sudah dirumuskan oleh dewan pengupahan melalui survei pasar yang dihadiri langsung oleh pihak Apindo dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) KBB.  

"Yang duduk di dewan pengupahan kemarin sudah melakukan survei pasar dan menemukan angka kisaran sebesar 15 persen, sekitar di angka Rp 4 juta lebih. Hal itu yang kami inginkan untuk direkomendasikan," ucapnya. 

Selain itu, kata Dede, adanya ketakutan pekerja Bandung Barat adalah rekomendasi kenaikan UMK tersebut di tolak oleh Gubernur. 

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x