Cuaca Ekstrem, DLH Cimahi Beri Perhatian Khusus pada Kesehatan Pohon hingga Turunkan Tim Khusus

- 24 November 2023, 19:31 WIB
Ilustrasi pohon tumbang akibat cuaca ekstrem. Saat cuaca seperti itu, kesehatan pohon perlu diperhatikan.
Ilustrasi pohon tumbang akibat cuaca ekstrem. Saat cuaca seperti itu, kesehatan pohon perlu diperhatikan. /Kabar Banten /Dewi Agustini

 

GALAMEDIANEWS - Pada saat cuaca ekstrem, kesehatan pohon perlu diperhatikan karena rentan terserang penyakit. Karenanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cimahi terus pemantauan dan menurunkan tim khusus.

Kepala DLH Kota Cimahi, Chanifah Listyarini menuturkan, pohon yang terkena penyakit dan dibiarkan bisa membahayakan karena bisa roboh. Hal tersebut lantaran kekuatannya berkurang akibat digergogoti berbagai penyakit tersebut

"Seperti manusia, kanker kaya manusia. Kalau pohon ada benjolan itu kanker. Yang paling sering itu dahan kering, daun-daun tidak ada," terang Chanifah.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendaraan di Musim Hujan, Nomor 1 Sering Diabaikan

Karenanya, DLH Kota Cimahi sudah menyiapkan tim khusus untuk menangani masalah pohon. Tim tersebut di antaranya Tim Dokter Pohon yang bertugas untuk melakukan diagnosa terhadap pohon. Nantinya hasil diagnosa tim dokter pohon diserahkan ke tim lain.

"Hasil diagnosanya apakah perlu pemupukan, pakah perlu pemangkasan atau penebangan jadi hasil dokter pohon ditindaklanjuti oleh tim lain," ujarnya.

Kemudian ada juga Tim Jaga Wana yang bertugas untuk melaksanakan penanaman dan pemeliharaan. "Ada juga Tim Tangkas khusus untuk melakukan pemangkasan atau penebangan. Jadi hasil dari dokter pohon misalnya ada yang perlu dipangkas atau ditebang itu oleh Tim Tangkas," jelas Chanifah seperti dilansir laman Pemkot Cimahi.

Baca Juga: Banyak Hal yang Perlu Dilakukan di Dunia Olahraga, Ini Langkah Legenda Bulutangkis Taufik Hidayat

Menurut Chanifah, tim tersebut tidak hanya dipersiapkan untuk menghadapi musim penghujan saja. Sebab mereka setiap hari melakukan pemeriksaan pohon-pohon yang merupakan aset milik Pemkot Cimahi. Hasilnya sejauh ini, klaim dia, mayoritas pohon hampir 95 persen dalam kondisi baik.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x