Pj Sekda Jabar: Semangat Juang Pahlawan Sapta Taruna Harus Menginspirasi Pegawai Dinas SDA

- 27 November 2023, 13:27 WIB
Penjabat Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso menghadiri pembukaan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-78 Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023 di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Senin, 27 November 2023./Foto: Angga Yogaswara/Biro Adpim Jabar/
Penjabat Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso menghadiri pembukaan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-78 Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023 di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Senin, 27 November 2023./Foto: Angga Yogaswara/Biro Adpim Jabar/ /

GALAMEDIANEWS -- Penjabat Sekda Jawa Barat Taufiq Budi Santoso mengingatkan semangat juang para Pahlawan Sapta Taruna agar dapat menjadi inspirasi bagi segenap insan Dinas Sumber Daya Air Jabar dalam menjalankan tugasnya.

Prioritas pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pun harus dapat memberikan dampak manfaat langsung bagi masyarakat, juga mendorong peningkatan daya saing bangsa.

Baca Juga: Bey Machmudin Ajak Masyarakat Teladani KH Abdul Chalim, Pahlawan Nasional Asal Jawa Barat

Hal itu dikemukakan Taufiq Budi Santoso saat membuka rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-78 Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023 di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Senin, 27 November 2023.

"Sapta Taruna merupakan sejarah yang harus terus kita jadikan pedoman dan bahan pembelajaran untuk kita semua. Pengorbanan yang sudah dilakukan tentunya itu akan menjadi bagian dari pelaksanaan tugas kita semua," kata Taufiq.

Latar belakang peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum berawal dari kisah heroik 78 tahun silam, tepatnya 3 Desember 1945, sebanyak 21 pegawai PU bertugas menjaga gedung Departemen PU di Bandung, yang sekarang Gedung Sate. Mereka harus berjuang menghadapi serangan pasukan Sekutu.

Dalam peristiwa tersebut tujuh pegawai PU gugur, yakni Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Kemudian, nama mereka dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna.

Baca Juga: Amanda Soemedi Monitoring Genius, Edukasi Gizi Siswa dan Orang Tua Cegah Stunting

"Spirit ini jangan hilang dan melalui kegiatan rangkaian peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ini kita pun bisa lebih banyak memahami apa arti dari pengorbanan Pahlawan Sapta Taruna," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x