Kolaborasi dengan BPS Provinsi Jawa Barat, Unisba Kini Miliki Pojok Statistik

- 1 Desember 2023, 12:23 WIB
Unversitas Islam Bandung (Unisba) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat meresmikan Pojok Statistik Unisba yang ada di Gedung LPPM
Unversitas Islam Bandung (Unisba) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat meresmikan Pojok Statistik Unisba yang ada di Gedung LPPM /Humas Unisba/

GALAMEDIANEWS- Unversitas Islam Bandung (Unisba) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat meresmikan Pojok Statistik Unisba yang ada di Gedung LPPM Unisba lantai 2, pada Kamis (30/11/2023). Peresmian ini ditandai dengan pemotongan bunga oleh Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. dan Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Marsudijono, S.Si., M.M.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Sekretaris Badan Pengurus Yayasan Unisba, Asep Ramdana Hidayat Drs,. M.SI., Wakil Rektor II, Prof. Dr. Atih Rohaeti Dariah, SE., M.Si., Wakil Rektor III Unisba, Dr. Amrullah Hayatudin, SHI., M.Ag., Wakil Rektor IV Unisba, Dr. Ratna Januarita, S.H., LL.M., M.H., Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Jabar, Drs. Agus Praptono, M. Stat., Kepala BPS Kab. Bandung, Agung Hartadi, S.ST., M.E., Kepala BPS Kab. Bandung Barat, Ahmad Muhammad Saleh, SE., Kepala BPS Kota Bandung, Samiran, S.Si, M.T., dan Kepala BPS Kota Cimahi, Ir. Sitti Sarah, M.M., pimpinan Fakultas dan Lembaga dilingkungan Unisba, serta tamu undangan lainnya.

Rektor sangat mengapresiasi keberadaan Pojok Statistik di Unisba ini. Menurutnya hal ini menjadi tambahan fasilitas pembelajaran di Unisba khusunya di Program Studi Statistika FMIPA. “Sehingga mahasiswa tidak hanya belajar teori saja tapi juga praktis yang semua datanya berasal dari BPS, serta bisa diakses dan ada disini (Pojok Statistik Unisba) sehingga memudahkan semua sivitas akademika Unisba baik mahasiswa dan dosen untuk melakukan salah satunya penelitian disamping pengajaran,” ujarnya.

Harapannya, kolaborasi ini bisa membawa manfaat dan terus berlanjut, serta bisa ditingkatkan dalam hal-hal lainnya sehingga silaturahmi dapat terus berjalan dengan baik. Selain itu, fasilitas yang sudah sangat optimal ini bisa dimanfaatkan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lainnya yang belum bekerjasama dengan BPS secara formal dan ingin meminta data statistik. “PTS yang sudah Kerjasama dengan kita (Unisba) bisa memanfaatkannya, dan saya rasa tidak ada rahasia karena ini milik negara jadi bisa dipergunakan PTS lain yang telah berkolaborasi,” ungkap Rektor.

Baca Juga: Mahasiswa Baru Fikom Unisba Angkatan 2023 Bersatu dalam Kegiatan Bela Negara

Kepala BPS Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa Unisba merupakan  PTS pertama  di Jawa Barat yang memiliki Pojok Statistik. Fasilitas ini pun juga akan dihadirkan di perguruan tinggi lainnya di Jawa Barat.

Pelayanan yang ada di Pojok Statistik ini terdiri dari tiga layanan baik dalam bentuk tatap muka (offline) maupun online, yaitu Konsultasi Statistik, Edukasi Statistik dan Promosi Statistik.

Menurutnya, Pojok Statistik ini sebagai pusat layanan dan promosi statistik di Perguruan Tinggi dengan mengusung prinsip kolaborasi, sinergi dan kebermanfaatan. “Pojok Statistik digagas dalam rangka menjawab kebutuhan akademisi dan mahasiswa akan statistik. Dan juga untuk menjaring kolaborasi antara BPS dan sivitas skademika dalam pengembangan statistik ke depan,” ungkapnya.

Kolaborasi ini kata Pak Marsudijono, meliputi pengembangan ilmu statistik, komitmen dalam mengembangkan statistical skills yang dibutuhkan di masa depan, pemanfaatan statistik lebih luas dalam dunia akademisi dan ikut mensosialisasikan statistik kepada masyarakat  karena Kampus adalah “laboratorium” Civitas Akademika adalah “ilmuwan”-nya.

Halaman:

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x