Antisipasi COVID-19, Warga Jabar Dihimbau Kenakan Masker dan Terapkan Prokes

- 8 Desember 2023, 07:45 WIB
Antisipasi Covid-19, Dedi Supandi Himbau Masyarakat Kembali Terapkan Prokes
Antisipasi Covid-19, Dedi Supandi Himbau Masyarakat Kembali Terapkan Prokes / (ANTARA/HO Pemprov Jabar) /

GALAMEDIANEWS – Seiring dengan kenaikan kasus COVID-19 pada periode November hingga Desember 2023 di Singapura dan Malaysia, Indonesia kemungkinan akan mengalami hal yang sama.

Berdasarkan kejadian tersebut, pada Hari Kamis 7 Desember 2023, Asisten Daerah (Asda) I Pemerintahan dan Kesra Setda Jabar Dedi Supandi mengimbau warga i kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes). Salah satunya yaitu mengenakan masker. "Rencananya seperti itu (penerapan prokes),” tuturnya.

Terkait detail penerapan prokes, Dedi menyebut masih menunggu acuan dari pusat. “Kami masih menunggu apa yang menjadi acuan dari Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Alami Tren Peningkatan, Ini Kata Sekda Bandung

Dedi pun meminta orang yang sudah terinfeksi agar menerapkan prokes. “Tapi sudah mulai, bagi yang sakit harus menggunakan masker dan bagi aktivitas-aktivitas yang banyak bersinggungan dengan dengan manusia atau dengan sebagainya itu juga diharapkan menggunakan masker," tuturnya.

Dedi pun meminta fasilitas umum untuk kembali menyediakan fasilitas tempat cuci tangan sebagai mitigasi pencegahan pandemi COVID-19. Fasilitas ini ada saat dunia sedang dilanda pandemi COVID-19.

"Sambil diaktifkan lagi bagaimana tempat cuci tangan di beberapa tempat. Lingkungan sekolah terjaga, tetapi lebih di beberapa lingkungan yang lain," tuturnya.

Laporan Kemenkes: Ada Kenaikan Kasus COVID-19 di Indonesia

Kementerian Kesehatan melaporkan kasus harian COVID-19 di Indonesia bertambah 35-40 kasus per 6 Desember 2023. Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tercatat 60-131 orang. Meskipun tercatat ada kenaikan, jumlah kasus jauh lebih rendah dibandingkan dengan saat pandemi yang mencapai 50.000-400.000 kasus per pekan.

Baca Juga: Bakteri Mycoplasma Tak Separah Covid-19. Namun...

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x