Berusia 125 Juta Tahun, Dinosaurus Spesies Baru Ditemukan Petani China dalam Kondisi Sempurna

- 16 September 2020, 12:34 WIB
DailyMail /

GALAMEDIA - Temuan sejumlah petani di Provinsi Liaoning, China, belum lama ini membuat paleontolog takjub. Mereka menemukan kerangka sepasang dinosaurus yang diperkirakan telah terkubur selama 125 juta tahun.

Tepatnya kedua hewan purba raksasa itu terkubur hidup-hidup ketika gunung berapi di habitat mereka meletus dan memuntahkan lava ke lembah dan menjebaknya.

Skenario tersebut terungkap dari temuan kerangka yang tersusun dan terawetkan dengan posisi sempurna.  Hingga kini temuan tak terduga tersebut termasuk spesies yang belum dikenal.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Rabu (16 Septembr 2020) ahli paleontologi menyebut mata kedua dinosaurus tampaknya dalam kondisi tengah tertutup saat terkubur hidup-hidup.

Dari sini pula mereka menamainya Changmiania liaoningensis (Eternal sleeper) atau  yang “mereka yang tertidur abadi”. Penyebab pasti kematian dinosaurus diyakini akibat sesak napas, racun dan infeksi.

T-Rex.
T-Rex. ? Getty Images/Science Photo Library RM

“Ada hipotesis tentatif bahwa kedua spesimen Changmiania liaoningensis tiba-tiba terperangkap di dalam tanah yang runtuh saat mereka sedang beristirahat. Ini menjelaskan mengapa postur tubuh mereka sangat sempurna dan tidak ada jejak pelapukan.”

Demikian salah satu paparan  mengenai Eternal Sleeper dalam PeerJ. Peneliti memastikan kedua dinosaurus terbaring di tanah dengan mata tertutup.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X