Pemprov Jabar Lahirkan 153 Inovasi Pembangunan dalam Dua Tahun

- 16 Desember 2023, 10:29 WIB
Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah (kiri).
Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah (kiri). /Dok. BPJ Jabar/

  GALAMEDIANEWS - Dari kurun 2021 - 2022 Pemprov Jabar telah menelurkan 153 inovasi yang telah didaftarkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk diikutsertakan pada ajang Innovative Government Award (IGA) 2023.

Ke - 153 inovasi itu berasal dari 28 perangkat daerah terbagi menjadi 70 inovasi pelayanan publik, 39 inovasi tata kelola pemerintahan, serta 44 inovasi daerah lainnya yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang jadi kewenangan daerah.

Baca Juga: Cek Cairan Rem Mobil Sebelum Berlibur, Sering Terabaikan Pemilik Mobil Padahal Bisa Membahayakan

Baca Juga: Telan Korban 12 Orang Tewas, Begini Kondisi Sopir Bus Handoyo

Inovasi terbanyak datang dari Dinas Kesehatan dengan 34 inovasi, Dinas Pendidikan 28, Dinas Komunikasi dan Informatika 19, Badan Kepegawaian Daerah 19, serta Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah tujuh inovasi.

Inovasi yang menjadi unggulan Jabar dalam IGA 2023 adalah Open Data Jabar dari Diskominfo untuk kategori Digital dan CEO Bumdes dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kategori non- digital.

Baca Juga: Sinopsis dan Link Nonton Night Has Come Subtitle Indonesia, Saksikan Keseruannya

Alhasil dua inovasi unggulan ini mengantarkan Jabar meraih anugerah IGA 2023 untuk kategori Provinsi Terinovatif yang digelar kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah mengungkapkan rasa bangganya karena Open Data Jabar menjadi inovasi unggulan yang mengantarkan Jabar meraih predikat tertinggi di IGA 2023.

Menurut Ika, Open Data Jabar diluncurkan Pemprov Jabar pada 2019 dimaksudkan untuk menyediakan data dari perangkat daerah dalam rangka memenuhi tuntutan transparansi pemerintah dan memudahkan akses data bagi publik.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x