Mesin Cuci Piring Otomatis, Apakah Worth It dengan Harganya?

- 4 Januari 2024, 07:51 WIB
Ilustrasi: Mesin Cuci Piring Otomatis./ pexels @ cottonbro studio
Ilustrasi: Mesin Cuci Piring Otomatis./ pexels @ cottonbro studio /

GALAMEDIANEWS - Selain dengan tangan, piring dapat dicuci juga dengan menggunakan mesin cuci piring otomatis. Mesin ini biasanya dijual di toko perlengkapan rumah atau di toko elektronik Bagi masyarakat umum, mesin ini memang tak populer.


Danu orang yang memiliki mesin cuci piring otomatis. Pria paruh baya ini membelinya tahun 2021. Berdasarkan pengalaman menggunakannya selama tiga tahun, ada kelebihan dan kekurangan mesin tersebut.


"Kelebihannya piringnya jadi bersih sekali. Tapi cuci piringnya lama, butuh banyak air dan watt listriknya juga besar. Ini airnya habis 11 liter. Listriknya ini sampai 1500 watt," tuturnya.


Bila sedang lemas cuci piring, Danu menggunakan mesin tersebut. "Kalau lagi lemas apalagi cucian piring ada banyak, pakai saja mesin itu. Tinggal ambil masukin air, tunggu sepuluh sampai lima belas menit," tuturnya.

Baca Juga: Bikers Harus Paham, Ini 7 Cara Mencegah Mesin Motor Overheat, Fokus Pada Perawatan Radiator


Danu mengungkapkan kotoran sekotor apapun pada piring pasti akan bersih. "Semua kotoran di sela-sela piring pasti bersih. Waktu itu ada banyak tamu di sini, makan-makan sate. Ada juga steak. Ada sop. Kotoran menempel. Kalau dicuci piring pakai tangan lama. Pakai mesin cuci piring saja," ujarnya.


Danu pun mengungkapkan bahwa latar belakang membelinya karena ingin praktis. "Saya beli karena ingin praktis saja.


Pria berusia 58 tahun ini pun mengaku puas dengan performa mesin tersebut. "Harganya mahal, tapi puas dengan mesin ini. Apalagi saya kan sudah tua, kalau cuci piring ya capek. Saya juga sekarang sering sendiri di rumah. Malas kadang-kadang kalau harus cuci-cuci," akunya.


Meskipun ada mesin tersebut, Danu mengungkapkan terkadang mencuci piring menggunakan tangan. "Kalau lagi nggak capek, piringnya sedikit nggak terlalu kotor, pakai tangan cucinya. Pakai mesin jadinya lama Wattnya besar jadi boros listrik. Kalau cuma satu atau dua piring, cuci pakai tangan," akunya.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x