Video Viral Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Ternyata Hoaks, Ini Penjelasan PVMBG

- 13 Januari 2024, 14:54 WIB
Visual Kawah Gunung Tangkuban Parahu.
Visual Kawah Gunung Tangkuban Parahu. /PVMBG/

 


GALAMEDIANEWS - Video viral erupsi Gunung Tangkuban Parahu, faktanya tidak benar atau hoaks. Video tersebut beredar melalui sosial media dan grup chat.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan seperti dilansir Antara mengatakan, video yang beredar bukan video yang menunjukkan aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu saat ini.

"Video yang beredar tersebut adalah video erupsi yang terjadi pada 26 Juli 2019 pukul 15:48 WIB," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Sabtu 13 Januari 2024.

Munculnya video hoaks tersebut jelas menimbulkan kepanikan masyarakat yang berada di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan masyarakat yang hendak berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu, serta objek wisata yang dekat dengan gunung api tersebut.

Baca Juga: Resep Membuat Soto Ayam Lamongan ala Chef Devina Hermawan Kuah Enak, Gurih Cocok Dimakan saat Musim Hujan

Karena video tersebut hoaks, PVMBG mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tenang, beraktivitas seperti biasa. Tidak itu saja, masyarakat juga diminta tidak terpancing dengan berbagai isu tentang erupsi Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk mengetahui perkembangan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu bisa dilihat melalui aplikasi Magma Indonesia melalui laman https://magma.esdm.go.id atau diunduh pada Google Playstore.

Seperti diketahui, gunung Tangkuban Parahu merupakan gunung api aktif yang terletak di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Baca Juga: Bey Machmudin: Budi Daya Padi Teknologi Salibu Dapat Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Gunung tersebut memiliki sembilan kawah dengan dua kawah utama berada pada area puncak, yaitu Kawah Ratu dan Kawah Upas.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x