Kolaborasi Lintas Sektoral Turunkan Angka Stunting di Bandung

- 18 Januari 2024, 09:40 WIB
Ilustrasi stunting.  Kolaborasi Lintas Sektoral Turunkan Angka Stunting di Bandung.
Ilustrasi stunting. Kolaborasi Lintas Sektoral Turunkan Angka Stunting di Bandung. /Dok. Pikiran Rakyat/

 

GALAMEDIANEWS - Kolaborasi lintas sektor dinilai penting dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kota Bandung.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Bandung Selaku Ketua TPPS Kota Bandung, Ema Sumarna saat membuka Rakor Tim Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024 dan Review Kinerja Tahun 2023 di Papandayan Hotel, Rabu 17 Januari 2024

"Stunting tidak bisa diselesaikan satu sektor tapi multi sektor makannya lahir tim gabungan seluruh OPD yang dilihat dari tupoksi jadi bagian strategis didukung unsur kewilayahan," katanya.

Baca Juga: Terbaik 2024! 7 Cafe Instagramable di Bekasi, Cocok untuk Tempat Nongkrong Bareng Teman

Dalam penyelesaian masalah stunting, kata Ema, seluruh program harus berjalan secara keberlanjutan dari dimensi kesehatan, pendidikan, keberlangsungan hidup ideal, dan yang paling penting adalah konsistensi.

"Stunting tidak berbicara persoalan mandiri. Misalnya gizi buruk, ini berangkai. Ada faktor penyebab apa keturunan, tempat tinggal tidak layak, keburuhan air bersih tidak maksimal, ventilasi tidak optimal. Konsistensi menjadi penting, semua harus terukur semua berbicara output, outcome dan impact," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Ema meminta adanya sinergi mengenai masalah metode perhitungan data stunting. Saat ini terjadi adanya margin yang cukup besar antara EPPGM dan hasil survey SSGI yang dilakukan oleh Kemenkes.

Untuk itu penting adanya sinergitas untuk mengelaborasi terkait metode perhitungan data stunting agar intervensinya tepat sasaran.

Baca Juga: Dear Warga Bandung, Stok Darah di PMI Menipis Nih, Donor Darah Yuk!

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x