Program Bandung Barat Caang Telan Rp 26 M, PJU Jalan Cipeusing-Pasar Barukai Tetap Gelap Banyak Kecelakaan

- 21 Januari 2024, 06:10 WIB
Kondisi jalan gelap di sepanjang jalan Cipeusing dan Pasar Barukai Bandung Barat diakibatkan PJU tidak pernah menyala dari mulai diresmikan
Kondisi jalan gelap di sepanjang jalan Cipeusing dan Pasar Barukai Bandung Barat diakibatkan PJU tidak pernah menyala dari mulai diresmikan /Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS ///

GALAMEDIANEWS - Program Bandung Barat Caang yang merupakan program Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat tidak dapat dirasakan masyarakat. Padahal program tersebut telah menelan anggaran Rp 26 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

Dalam program Bandung Barat Caang telah dipasang sebanyak 6.000 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah wilayah di Bandung Barat termasuk jalan Cipeusing dan Pasar Barukai. Bahkan, program tersebut telah diresmikan mantan Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. 

Meski telah diresmikan pada 2023 lalu, program Bandung Barat Caang dinilai tidak dapat dirasakan oleh warga Bandung Barat. Pasalnya, PJU yang berada di jalan Cipeusing dan Barukai tidak pernah menyala dari awal diresmikan hingga saat ini. Bahkan, kondisi jalan masih dalam kondisi gelap.

Baca Juga: Soal IPH KBB Naik, Pj Bupati Bandung Barat Klaim Harga 3 Komoditi Turun ke Harga Semula

Menurut salah satu warga, Gofar (48) yang berprofesi sebagai tukang parkir dan bersih-bersih di pasar Barukai menyebutkan, bahwa PJU yang dipasang disepanjang jalan pasar Barukai dan Cipeusing Bandung Barat tersebut tidak pernah menyala. 

Selain itu, Gofar mengaku, saat melakukan tugas bersih-bersih sampah pada pukul 19: 00 sampai 20: 30 WIB, jalan di pasar Barukai sangat gelap. Bahkan, dirinya sering menolong pengendara motor yang terjatuh di tikungan pasar. 

"Untuk PJU disepanjang jalan ini, sama sekali tidak pernah menyala dan jalan sangat gelap, saya sering bantu pengendara motor yang terjatuh di tikungan sana (pasar), percuma atuh dipasang PJU kalau tidak menyala mah," ujar Gofar saat ditemui disela-sela melakukan tugas bersih-bersih di pasar Barukai pada Sabtu, 20 Januari 2024. 

Akibat PJU tak berfungsi, Gofar menjelaskan, banyak pemilik ruko di pasar Barukai juga masih merasa resah. Sebab, dengan kondisi gelap dikhawatirkan adanya pencuri yang masuk kedalam ruko. 

"Pemilik ruko masih merasa ketakutan, karena kondisi gelap bisa saja ada pencuri yang masuk kedalam ruko disini," ucapnya. 

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x