16 Pendaki Gunung Gunung Gede Pangrango Ditemukan Selamat

- 29 Januari 2024, 17:01 WIB
Para pendaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang dikabarkan tersebut berhasil ditemukan Senin 29 Januari 2024 sekitar pukul 09.55 WIB, dalam kondisi selamat.
Para pendaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang dikabarkan tersebut berhasil ditemukan Senin 29 Januari 2024 sekitar pukul 09.55 WIB, dalam kondisi selamat. /Instagram @infojawabarat/

GALAMEDIANEWS - Sebanyak 16 orang pendaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang ditemukan Senin 29 Januari 2024 sekitar pukul 09.55 WIB, dalam kondisi selamat. Mereka ditemukan di ditemukan di Saung kebun milik warga Pasir Pogor, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Jakarta Agung Priambodo mengatakan survivor berhasil ditemukan pada ketinggian 1238 MDPL dengan kondisi dua orang dalam kondisi terkilir kakinya dan 14 orang sisanya dalam keadaan aman.

Sebelumnya tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan Explore SAR pada Senin 29 Januari 2024 sekitar pukul 02:30 WIB dengan menyisir area pendakian sepanjang jalan setapak dari Kulah Dua Ciawi menuju lokasi kejadian. Pencarian akhirnya berhasil setelag seluruh survivor berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Baca Juga: Cara Memilih Jurusan yang Tepat Sebelum Masuk Universitas

Menurut Agung, sebelumnya informasi didapatkan 13 survivor yang tersesat. Namun setelah ditemukan, ternyata ada 16 orang survivor yang berhasil diselamatkan. Mereka kemudian mendapat penanganan dari Puskesmas Citapen di Kantor Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Tapos, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sebagai informasi, sebelumnya sekitar 16 orang mendaki Kawasan Gunung Gede Pangrango dengan tujuan untuk berziarah, Sabtu 27 Januari 2024 sekitar pukul 16:00 WIB. Mereka mendaki melalui jalur bukan pendakian dari Kulah Dua, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mereka menginformasikan kepada keluarganya, akan turun pada Minggu 28 Januari 2024 sore. Namun karena cuaca hujan cukup lebat, mereka tersesat.

Baca Juga: 3 Hotel Terdekat di Kawasan Tempat Wisata Jalan Braga, Asia Afrika, dan Alun-alun Kota Bandung

Sesaat setelah keluarga survivor menginformasikan kepada petugas untuk meminta pertolongan, puluhan personel SAR gabungan pun dilibatkan dalam upaya pencarian.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x