Arirang, Lagu Persatuan Korsel dengan Korut

- 31 Januari 2024, 19:00 WIB
Arirang menjadi lagu simbol persatuan Korsel dan Korut/pixabay @OpenClipart-Vectors
Arirang menjadi lagu simbol persatuan Korsel dan Korut/pixabay @OpenClipart-Vectors /

GALAMEDIANEWS - Hubungan Korea Selatan dengan Korea Utara sebenarnya masih berstatus perang. Meskipun demikian, Korsel dan Korut sepakat membentuk satu tim olahraga yang dihuni atlet dari kedua negara tersebut. Nama resminya yaitu Tim Olahraga Korea Bersatu

Tim Olahraga Korea Bersatu melakukan debutnya dalam ajang Kejuaraan Tenis Meja pada Mei 1991. Pernah juga berpartisipasi juga dalam Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang diadakan di Indonesia

Seperti halnya negara yang memiliki lagu kebangsaan, Tim Korea Bersatu pun memiliki kebangsaan yang berjudul Arirang. Bila tim Korea meraih medali emas, tentunya lagu ini akan berkumandang.

Baca Juga: 3 Hotel Dekat Kota Lama Semarang, Memiliki Bangunan Heritage dan Bisa Dijadikan Spot Foto Instagramable

Bendera Tim Korea yang berbentuk wilayah kedua negara tersebut pun tentunya akan menempati tiang tertinggi. Baik di Korsel maupun Korut, lagu ini sudah begitu akrab bagi masyarakat.

Lagu Arirang pun mendapat pengakuan UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity. Nah, penasaran bagaimana lagu tersebut? Bila penasaran, kita dapat mencarinya di YouTube.

Meskipun Arirang menjadi lagu simbol persatuan Korsel dan Korut, asal usul lagu tersebut masih diperdebatkan. Beberapa ahli mengatakan bahwa Arirang adalah lagu berbahasa China. Dalam Bahasa China, Arirang artinya meninggalkan orang-orang tercinta.

Lagu ini mengisahkan warga pada zaman dahulu yang mesti meninggalkan orang-orang tercinta untuk membangun kerajaan. Ada juga yang menyebut Arirang berasal dari kata Alyeong yang merupakan nama istri seorang raja zaman dahulu kala.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Hotel Dekat dengan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah dan Tempat Wisata Lainnya

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Korea.net koreatimes.co.kr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x