Kemenag Tentukan Sidang Isbat 1445 H Pada 10 Maret 2024

- 20 Februari 2024, 21:00 WIB
Ilustari pemantauan hilal untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah. Sidang Isbat akan dilaksanakan Kementerian Agama 10 Maret 2024 mendatang.
Ilustari pemantauan hilal untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah. Sidang Isbat akan dilaksanakan Kementerian Agama 10 Maret 2024 mendatang. /Antara/

GALAMEDIANEWS – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 syawal 1445 H atau Idul Fitri pada Minggu, 10 Maret 2024. Sidang Isbat ini akan dilaksanakan di Auditorium H.M Rasjidi Kementrian Agama, Jl Moh Thamrin, Jakarta Pusat.

Dilansir dari Antara, menurut Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa kegiatan ini akan digelar seperti biasanya, yakni hybrid. Yakni secara luring dan daring yang akan disiarkan secara umum di Channer Youtube Bimas Islam. Namun kegiatan sidang isbat ini akan dilaksanakan setelah salat magrib secara tertutup.

Selain itu sidang isbat ini juga turut mengundang perwakilan organisasi masyarakat islam, duta besar negara sahabat serta mengikut sertakan Tim Hisab dan Rukyat dari kementrian agama dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga: Pos Indonesia dan Kemenag Tandatangani Nota Kesepahaman Layanan Pendidikan dan Keagamaan

Dalam tahapan sidang isbat ini akan dilakukan tiga tahap, yakni pemaparan mengenai posisi hilal awal Ramadhan 1445 H berdasarkan hasil hitungan astronomi (hisab). Pemaparan ini dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya, setelah melakukan hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada rukyatulhilal yang akan dilakukan oleh Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia. Lalu tahap yang ketiga adalah konferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah