Angin Puting Beliung Menerpa Daerah Rancaekek, Pabrik Kahatex Salah Satunya

- 22 Februari 2024, 06:54 WIB
Angin puting beliung terjang rumah warga dan robohkan pagar PT Kahatex di Kabupaten Bandung.
Angin puting beliung terjang rumah warga dan robohkan pagar PT Kahatex di Kabupaten Bandung. /Istimewa ///

GALAMEDIANEWS - Telah terjadi angin puting beliung, menerpa di wilayah Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, sekitar pukul 16.00 WIB, hari Rabu 20 Februari 2024.

Pada kejadian tersebut menyebabkan pagar PT. Kahatex rusak, pohon tumbang yang menutupi sebagian jalan, hingga mengakibatkan atap rumah warga, yang berada di Kecamatan Jatinangor berterbangan.

Dilansir pada laman akun instagram @bmkg_jawabarat, Rabu 21 Februari 2024, kejadian tersebut diakibatkan oleh suhu muka laut, di sekitar wilayah Indonesia yang relatif hangat.

Baca Juga: Update Bencana: Angin Puting Beliung Menghantam Sumedang, Jawa Barat

Sehingga menambah suplai air ke wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jawa Barat. Selain itu terpantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat, Pulau Sumatera. 

Mengakibatkan terbentuknya area netral poin dengan area pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi), serta belokan angin (shearline) berada di sekitar wilayah Jawa Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan disekitar wilayah konvergensi, dan belokan angin tersebut.

Dan indeks labilitas berada pada kategori labil sedang, hingga tinggi di sebagian wilayah Jawa Barat. Sehingga berpotensi meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan konvektif pada skala lokal.

Pada tanggal 21 Februari 2024 mulai pukul 11.30 WIB, hingga pukul 16.40 WIB. Untuk wilayah yang terdampak kejadian cuaca ekstrem, atau bencana Hidrometeorologi, telah di beri prakiraan peringatan dini, oleh BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat,sebanyak 4 kali, di wilayah Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Instagram @bpbdsumedang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x