Menteri PANRB: Optimis Digitalisasi Dapat Memperkuat Upaya Penanggulangan Terorisme

- 22 Februari 2024, 16:33 WIB
Dok.Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Rapat Kerja Nasional BNPT Tahun 2024 di Jakarta
Dok.Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Rapat Kerja Nasional BNPT Tahun 2024 di Jakarta /menpan.go.id//

GALAMEDIANEWS - Digitalisasi menjadi kunci percepatan pelayanan publik karena dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas dan kualitas pelayanan publik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut digitalisasi tidak hanya berperan dalam akselerasi pelayanan publik tetapi juga dapat memperkuat upaya penanggulangan terorisme.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mendorong agar BNPT turut menyukseskan digitalisasi pemerintahan yang menjadi agenda pemerintah saat ini, salah satunya dengan menginteroperabilitaskan berbagai aplikasi di internal BNPT.

Anas juga mendorong agar BNPT memaksimalkan pemanfaatan platform digital yang telah dimilikinya agar penanggulangan terorisme semakin efektif dan efisien.

Dari segi kelembagaan BNPT, Menteri Anas menyebut akan diambil langkah strategis untuk memperkuat penanganan tindak pidana terorisme secara terpadu, melalui penguatan peran BNPT sebagai pusat analisis pengendalian krisis penanggulangan terorisme; serta pemanfaatan teknologi digital berupa artificial intelligence dan big data.

Baca Juga: Evaluasi Pelayanan Publik 2024: Fokus pada 9 Layanan Prioritas

Kementerian PANRB merekomendasikan langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan oleh BNPT salah satunya melalui optimalisasi transformasi digital dalam pelaksanaan peran BNPT sebagai pusat analisis pengendalian krisis penanggulangan terorisme.

Kepala BNPT Komjen Pol. Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengatakan starategi penanggulangan terorisme akan fokus pada mencegah, mempersiapkan melindungi, memberantas dan bermitra dalam upaya Penanggulangan Terorisme bersama BNPT.

Dari segi pemanfaatan digitalisasi, BNPT telah memiliki platform digital Indonesia Knowledge Hub on Countering Terrorism and Violent Extremism (I-Khub on CT/VE) yang dibuat sebagai penghubung perencanaan dan pelaksanaan program serta produk pengetahuan antara Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Lembaga Donor, Lembaga Multilateral, LSM dan sektor swasta.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: KemenPAN-RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x