Masjid Salman ITB, Masjid Kampus Pertama di Indonesia

- 23 Februari 2024, 11:40 WIB
Masjid Salman ITB masjid kampus pertama/itb.ac.id
Masjid Salman ITB masjid kampus pertama/itb.ac.id /



GALAMEDIANEWS – Masjid pada umumnya berfungsi sebagai lokasi untuk salat, bahkan masjid tidak hanya menjadikan masjid sebagai sarana ibadah ritual seperti salat dan membaca Al-quran, tetapi juga memakmurkannya dengan kegiatan-kegiatan berupa dakwah, pendidikan, ataupun kegiatan sosial seperti pembagian zakat, qurban, pernikahan, acara diskusi, ataupun lainnya.

Kehadiran masjid sangatlah penting dan sangat diperlukan apalagi di dunia kampus. Salah satu kampus yang memiliki masjid dengan aneka aktivitasnya adalah Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB).

Masjid ini menempati lokasi di Jalan Ganesha No. 7, Kota Bandung. Berdiri sejak tahun 1972. Pada awal pembangunannya sempat mendapatkan perlawanan dari rektor ITB Prof. Ir. Otong Kosasih untuk tidak dibangun masjid di dalam kampus. Penolakan ini terjadi dengan alasan karena jika dibangun di dlam kampus maka bisa saja orang-orang PKI meminta hal yang sama dengan meminta membangun lapangan merah.

Baca Juga: Tembus Peringkat Nasional, 6 SMA terbaik di Kabupaten Semarang Menjadi Sekolah Referensi PPDB 2024

Masjid Salman saat ini menjadi salah satu masjid kampus yang dikenal dengan segala macam kegiatannya. Bahkan masjid ini menjadi pelopor dan yang pertama di Indonesia untuk keberadaannya di kampus.

Di bandung sendiri menjadi inspirasi untuk pembukaan masjid kampus yang ada di Kota Bandung seperti di Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan kampus-kampus lainnya.

Masa-masa tahun 60-an, mahasiswa-mahasiswa muslim yang kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan Shalat Jumat harus bersusah payah berjalan kaki dari ITB ke Masjid Cihampelas, sehingga adanya rencana pembangunan masjid di kampus menjadi angin segar untuk mereka yang ingin melakukan ibadah dengan baik.

Baca Juga: Berikut Penjelasan dan Amalan Pada Malam Nisfu Syaban

Tokoh-tokoh yang ada di balik layar dalam pembangunan Masjid Salman ini adalah Prof. TM. Soelaiman, Achmad Noeman, Achmad Sadali, dan Ajat Sudrajat, walaupun sempat ditentang akhirnya mendapatkan restu dari Presiden RI Ir. Soekarno dan Rektor ITB terdorong juga untuk mengizinkan keberadaan pembangunan masjid ini.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: itb.ac.id salman itb.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x