Mengapa PBB Belum Bisa Menciptakan Perdamaian Dunia?

- 23 Februari 2024, 16:38 WIB
Terjadinya perang antar negara meski telah ada PBB
Terjadinya perang antar negara meski telah ada PBB /YouTube Kok Bisa? /

GALAMEDIANEWS – Di tengah berbagai konflik dan pertumpahan darah yang terjadi di seluruh dunia, muncul pertanyaan besar yaitu Mengapa PBB, organisasi yang dibentuk untuk menjaga perdamaian, belum mampu menyelesaikannya?

Dilansir dari YouTube Kok Bisa?, PBB didirikan setelah Perang Dunia II dengan tujuan utama untuk mencegah terjadinya perang dunia kembali. Organisasi ini memiliki beberapa peran dalam menjaga perdamaian, yaitu:

Menyelesaikan perselisihan antar negara: PBB membantu negara-negara yang berselisih untuk menyelesaikan masalah mereka dengan cara damai melalui negosiasi dan mediasi.

Memberikan sanksi kepada negara yang melanggar hukum internasional: PBB dapat memberikan sanksi ekonomi, politik, dan bahkan militer kepada negara yang melanggar hukum internasional, termasuk yang melakukan agresi militer.

Melakukan intervensi militer: Dalam situasi tertentu, PBB dapat melakukan intervensi militer untuk menghentikan pertempuran dan melindungi warga sipil.

Baca Juga: Langkah Nyata Ringankan Beban Masyarakat, DPC PBB Kabupaten Bogor Gelar Bazar Beras Murah

Mempromosikan dialog antar budaya dan agama: PBB mendorong toleransi dan saling pengertian antar budaya dan agama untuk mencegah terjadinya konflik.

Memberikan bantuan kemanusiaan: PBB membantu negara-negara yang terkena dampak bencana alam atau konflik dengan menyediakan makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal.

Meskipun memiliki berbagai peran, PBB masih menghadapi beberapa tantangan dalam menjaga perdamaian dunia, yaitu:

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: YouTube Kok Bisa?


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x